Penambalan Jalur Pantura Ditarget Dua Pekan

Penambalan Jalur Pantura Ditarget Dua Pekan

INDRAMAYU - Penambalan yang dilakukan untuk menutup lubang-lubang jalan di sepanjang jalur pantura ditargetkan rampung dalam dua pekan mendatang. Namun untuk perbaikan secara permanen masih menunggu proses tender yang akan dilaksanakan.
\"Menteri
Menteri PUPR tinjau jalur pantura Indramayu. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon
Pernyataan itu disampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Basuki Hadimulyono saat mengecek langsung kondisi jalur pantura, Rabu (15/2). 

Dikatakan, perbaikan jalan di sepanjang jalur pantura ditargetkan rampung dalam dua pekan ke depan. Namun cuaca saat ini menjadi kendala dalam pengerjaan perbaikan yang dilakukan dengan cara menambal lubang tersebut, termasuk tingkat ketahanan hasil penambalannya.

Untuk sementara, upaya perbaikan yang bersifat transisi itu diharapkan dapat menutup seluruh lubang jalan karena membahayakan. Bahkan, penambalannya sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

\"Untuk perbaikan secara permanen masih menunggu hasil lelang dulu, sampai saat ini masih berproses. Jadi kita lakukan penambalan saja dulu. Mudah-mudahan dalam dua minggu ke depan semua lubang jalannya bisa kita tambal dan bisa aman dan nyaman dilewati,\" papar dia.

Diakuinya, kondisi jalan rusak mengakibatkan dampak terjadinya kecelakaan lalu lintas. Namun kecelakaan yang terjadi tidak terlepas pula dari perilaku pengendaranya. \"Makanya kami sekarang melakukan upaya perbaikan, meski sifatnya transisi. Setidaknya kita berupaya mengembalikan ke fungsi awal, dan bertahap perbaikannya bisa cepat selesai,\" kata dia.

Perbaikan secara permanen, lanjut Basuki, pihaknya akan melakukannya dengan skala prioritas di beberapa titik wilayah, termasuk Patrol dan Kandanghaur di Kabupaten Indramayu yang realisasinya menggunakan sistem rijit atau cor. \"Kementerian PUPR tahun ini menganggarkan Rp280 miliar untuk perbaikan jalan pantura dari mulai Karawang sampai Losari,\" sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Pejabat Pembuat Komitmen Perbaikan Jalan Nasional (PPK PJN) Wilayah Kerja Pamanukan-Palimanan, Hendriastomo F memastikan di wilayah Indramayu sebagian lubang jalannya sudah dilakukan penambalan. Bahkan beberapa hari sebelumnya, pengerjaannya sudah dilakukan di ruas jalan Tegal Gubug, Kabupaten Cirebon.

\"Saat ini kita mengerjakan di wilayah Indramayu, salah satunya antara Patrol sampai Kandanghaur. Ada beberapa tim untuk pengerjaannya, dan kita upayakan sesuai instruksi pak menteri,\" tandasnya. (tar)

Sumber: