Terhempas Gelombang, Perahu Nelayan Tenggelam

Terhempas Gelombang, Perahu Nelayan Tenggelam

INDRAMAYU - Cuaca buruk yang menimbulkan gelombang laut tinggi menghempaskan sebuah kapal nelayan. Nahkoda dan dua anak buah kapal (ABK) dilaporkan selamat, namun kapal yang mengalami pecah pada beberapa bagiannya tenggelam digulung ombak.
\"perahu

Kapolres Indramayu, AKBP Eko Sulistyo Basuki melalui Kasubag Humas, AKP Heriyadi membenarkan terjadinya peristiwa tersebut. Kapal Rawud Jy dengan kapasitas 3 gross ton (GT) dilaporkan mengalami kecelakaan saat menuju Pancer Muara Bugel, Desa Sukahaji, Kecamatan Patrol. \"Tidak ada korban jiwa, nahkoda dan dua ABK selamat,\" jelasnya, Jumat (10/2).

Disebutkan, nahkoda sekaligus pemilik kapal bernama Suanto (42) warga Blok Bugel, Desa Sukahaji. Kedua ABK yang beralamat sama, yakni Samsuri (37) dan Tasirah (26).

Kronologisnya, ketiga nelayan itu bertolak dari Kali Bugel yang menjadi tempat bersandar kapalnya sekitar pukul 03.00 menuju perairan Laut Jawa. 

Setelah menebar jaring dan mendapatkan hasil tangkapannya, kapal yang dalam perjalanan menuju muara Bugel tiba-tiba diterjang gelombang besar. Kuatnya hantaman itu mendorong badan kapal hingga menabrak tumpukan batu pemecah ombak yang terdapat di dekat muara.

Nahasnya, lambung kapal dan beberapa bagiannya pecah hingga air laut menenggelamkannya. \"Nahkoda dan ABK berusaha berenang dan berhasil menyelamatkan diri di bebatuan,\" kata dia.

Beberapa jam kemudian, ketiga nelayan yang tiba di daratan bergegas menyampaikan kabar dan meminta pertolongan untuk mengevakuasi kapalnya. \"Anggota kami dari Satpolair bersama nelayan lain berusaha mengevakuasi dengan menarik menggunakan kapal lainnya,\" pungkasnya. (tar)

Sumber: