Tengkulak Diduga Mainkan Harga Cabai

Tengkulak Diduga Mainkan Harga Cabai

Petani Heran Selisihnya Hingga Rp50 Ribu per Kilogram

MAJALENGKA - Harga cabai rawit merah yang menyentuh Rp150 ribu per kilogram diperkirakan akan kembali naik. Hal ini diduga karena ada permainan dari tengkulak.  
\"harga
Harga cabai rawit merah diperkirakan kembali naik. Foto: Herik/Rakyat Cirebon

Salah seorang pedagang cabai di pasar Cigasong, Jamilah (37) mengatakan, harga cabai kemungkinan kembali naik. Mengingat barangnya kini semakin sulit didapatkan.

\"Saat ini harganya mencapai Rp150 ribu per kilogram. Dan itu memiliki kecenderungan naik lagi kalau memang kiriman barangnya macet,\" ujar Jamilah, Jumat (11/2).

Ia berharap, agar kenaikan harga cabai dapat diatur oleh pemerintah. Mengingat saat ini masyarakat banyak yang masih menanyakan. Apalagi komoditas cabai menjadi konsumsi wajib bagi para pelaku usaha masakan padang.

\"Sebagian besar pembeli rata-rata pengusaha warung makanan, yang setiap harinya tidak lepas dari cabai,\" ungkapnya.

Terpisah, para petani di wilayah Argapura, salah satunya Dede (39) memngatakan, hasil panen cabai saat ini terkesan menurun. Mengingat cuaca sering diguyur hujan, sehingga membuat panennya anjlok.

\"Selain banyak yang busuk, setiap kali panen kurang begitu menguntungkan. Makanya kami jual mahal. Tetapi saya gak ngerti kalau di pasaran harganya jauh lebih tinggi. Saya jual ke bandar itu Rp100 ribu per kilogram,\" jelasnya.

Salah seorang ibu rumah tangga, Nani mengeluhkan harga cabai yng maish tinggi. Sehingga kalaupun terpaksa membeli jumlahnya dikurangi.

\"Kalu tidak beli cabai, yang di rumah pada banyak nanyain. Tapi kalau dibeli uang belanjaan saya habis tersedot untuk beli cabai, makanya sedikit saja belinya,\" jelas Nani.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan per tanggal 7 hingga 10 Februari 2017 harga cabai merah Rp60 ribu per kilogram dari harga awal Rp58 ribu per kilogram. 

Cabai merah kriting Rp62 ribu per kilogram dari Rp57 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau Rp87.500 per kilogram. Serta cabai rawit merah Rp126.250 dari harga Rp121 ribu. (hrd)

Sumber: