Pasar Kendaraan Niaga Makin Bergairah

Pasar Kendaraan Niaga Makin Bergairah

LEMAHWUNGKUK – Kendaraan pick up saat ini masih menjadi andalan bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Data Suzuki Indomobil Sales (SIS)  mencatat pasar pick up  pada 2016 lalu mencapai 14,5 persen secara nasional.
\"PT
Penjelasan PT Suzuki Indomobil Sales. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Di pasar Cirebon sendiri, kontribusi penjualan pick up saat ini mencapai 32 persen. Hal itu menunjukan permintaan pick up  terbilang masih tinggi. Hal tersebut imbas geliat ekonomi di tingkat menengah ke bawah yang semakin bertumbuh. 

Sales Manager PT Suzuki Indomobil Sales, Muhamad Stern Hecransa menjelaskan, kebutuhan akan kendaraan niaga tidak bisa dilepaskan dari kota berkembang. Cirebon salah satunya. Oleh karena itu, pabrikan pick up banyak melakukan inovasi kendaraan niaga.

“Data 2016, pangsa pasarnya menyentuh 16 ribu unit setahun atau kontribusinya 14,5 persen secara nasional,” ungkapnya saat menjelaskan prosentase penjualan  kendaraan niaga.

Menurutnya, Cirebon menjadi salah satu kota dengan kontribusi  penjualan yang lumayan bagus. Hal  itulah yang mendorong pabrikan salah Jepang   ini melakukan penyegaran pada  line up kendaraan niaga andalanya.

“Penjualan di Cirebon sekitar 740 unit dalam satu tahun. Makanya kami optimisi di Cirebon ini karena kompetitor juga hanya beberapa saja yang main di kategori komersial,” jelasnya. 

Muhammad menjelaskan, sebagai salah satu pabrikan yang mengembangkan  mobil niaga, Suzuki kini sedang melakukan  pengembangan pasar pada seri  new carry pick up yang saat ini sudah mulai dikembangkan di pasaran.

Oleh karena itu, kata dia, beberapa bagian di produk kendaraan niaga terbaru Suzuki tersebut sengaja diperbaharui dengan fungsi yang  berbeda. Salah satu yang menonjol pada produk pick up keluaran Suzuki ada pada bagian ekteriornya.

“Kami berusaha berkompetisi dengan merek yang lain. Karena bergerak terus pick up ini. Untuk saat ini suplai pick up masih aman,” jelasnya.

Ditambahkannya, melihat persaingan industri mobil niaga, optimis pick up keluaran Suzuki masih bisa diandalkan dibanding produk dari kompetitor. Mengingat, kualitas dan masa produksi yang sudah panjang oleh Suzuki.

“Kalau kami compare dengan kompetitor, baik ditanjakan dan jalan berliku, pick up kami mampu memuat tonase lebuh besar. Kulitas kami tetap unggul karena ada yang flat deck maupun wide deck,” pungkasnya. (wan/mgg)

Sumber: