Ketua PKK Tebar Benih Cabai Rawit

Ketua PKK Tebar Benih Cabai Rawit

Prihatin Lonjakan Harga, Gerakan Warga Tanam Cabai

KARANGWARENG - Masih tingginya harga cabai rawit membuat Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih tergerak membagikan 100 bibit tanaman cabai rawit kepada warga di Desa Karangwareng, Kecamatan Karangwareng, kemarin. Ayu, sapaan akrabnya, mengatakan, warga harus memiliki kesadaran tinggi untuk menanam cabai rawit hijau ataupun merah, sebab cabai rawit termasuk komoditi utama yang dikonsumsi masyarakat.
\"Ketua
PKK Kabupaten Cirebon bantu pembibitan cabai. Foto: Ist./Rakyat Cirebon

Sehingga, kata Ayu, saat harga cabai rawit ini sedang tinggi maka masyarakat tidak terganggu.
“Kalau kita tanam di pekarangan rumah kan setidaknya kita bisa memetik cabai rawit, tidak terganggu oleh mahalnya harga cabai rawit,” kata istri Bupati Cirebon Drs H Sunjaya Purwadisastra MSi ini.

Dikatakan perempuan berjilbab ini, diri yang juga menyukai sensasi pedas dari cabai rawit sehingga sangat prihatin ketika harga cabai bisa melambung tinggi.

“Harga yang tinggi sangat jarang terjadi, apalagi kenaikannya dimulai sejak sebelum tahun baru lalu. Kita menyadari cuaca memang sedang ekstrem yang membuat banyak hama dan gagal panen di mana-mana. Saya sendiri berharap kondisi ini tidak berjalan terlalu lama, kasihan masyarakat,” ucapnya.

Ayu juga meminta masyarakat yang diberikan bibit cabai rawit ini bisa memelihara hingga cabai tersebut bisa tumbuh dan memberikan manfaat.

“Sebenarnya untuk memeliharanya cukup sederhana, tinggal disiram kemudian rajin memantau kalau ada hama yang datang, mudah-mudahan tidak ada yang mati ya,” ujar Ayu.

Kedepan, Ayu akan meminta Dinas Pertanian untuk membagikan bibit tanaman yang bermanfaat bagi masyarakat. (yog)

Sumber: