SOTK Baru Jangan Terlalu Lama Beradaptasi

SOTK Baru Jangan Terlalu Lama Beradaptasi

Wabup Minta PNS Segera Beri Pelayanan Terbaik untuk Masyarakat

INDRAMAYU - Dinas/instansi di lingkup Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru Pemerintah Kabupaten Indramayu diminta jangan terlalu lama dalam beradaptasi. Karena pelayanan publik tetap harus berjalan dengan tidak menjadikan perubahan SOTK sebagai alasan kendalanya. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Drs H Supendi saat apel kesadaran nasional, Selasa (17/1) di alun-alun Indramayu.
\"wabup
Wabup Indramayu pimpin upacara. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon

Dikatakanya, diawal tahun 2017 lalu SOTK di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indramayu telah dilakukan penataan kelembagaan yang merujuk pada amanat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah.

Dan kemudian telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Indramayu Nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah.

\"Regulasi dan dasar hukumnya mengharuskan adanya penataan kelembagaan. Jadi perubahan SOTK tersebut diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan publik,\" jelasnya.

Karena berkaitan erat dengan pelayanan‎, menurutnya proses adaptasi di setiap lembaganya tidak terkesan mengalami kendala dan butuh waktu lama.

Bahkan, pelayanan publik tetap harus bisa berjalan bersamaan dengan proses adaptasi dengan pelaksanaan yang mengacu pada aturan dan ketentuan.

Perubahan SOTK, lanjut wabup, diharapkan dapat membawa pengaruh yang lebih baik.‎

 Juga bisa menjadikan birokrasi lebih efektif dan efisien, serta mewujudkan optimalisasi pelayanan publik.

\"Dengan perubahan SOTK diharapkan pembangunan dapat berjalan sangat baik dan lancar. Sehingga hasilnya dapat lebih dirasakan dan merata oleh seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Indramayu. Yang juga sangat penting adalah pelayanan publik bisa berjalan lebih optimal,\" tegasnya usai penyerahan 31 SK pensiun bagi PNS yang memasuki usia pensiun periode Februari 2017, dan penghargaan kepada atlet Pertina yang berhasil meraih prestasi beberapa waktu lalu.

Ditambahkan wabup, adanya perubahan SOTK tersebut membawa implikasi penyesuaian perubahan nomenklatur. Serta perpindahan pejabat dan personel yang mengharuskan belajar cepat dan bekerja keras.

\"Ini semua agar bisa segera bekerja dan bersinergi sesuai dengan tugas dan fungsinya. ‎\"Sekali lagi, saya mengharapkan proses adaptasi ini berjalan dengan cepat, lancar, serta tanpa konflik. Untuk itu sangat dibutuhkan sikap saling menghormati, menghargai, dan tanggung jawab yang tinggi dari setiap individunya,\" tandas wabup. (tar)

Sumber: