Diduga Ilegal, Galian C Asjap Disoal Warga

Diduga Ilegal, Galian C Asjap Disoal Warga

ASTANAJAPURA - Karena diduga ilegal, sebuah lokasi galian C yang berada di Desa Buntet, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon dipersoalkan warga sekitar, Kamis (12/1).
\"galian
Galian c di desa Buntet diduga ilegal. Foto: Kim/Rakyat Cirebon

Bahkan, karena mengganggu dan bongkar muat diaggap bisa merusak jalan desa, Warga sekitar menuntut lokasi galian C tersebut segera ditutup.

Selain itu, proyek galian yang baru beroperasi tersebut, dianggap menyalahi aturan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan tidak berizin. Dengan demikian, warga sekitar menginkan lokasi galian tersebut segera disegel pemerintah.

Hal itu dikemukakan salah seorang warga Astanajapura, Abdullah. Menurutnya, pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon, dan dalam hal ini pemangku wilayah Kecamatan Astanajapura jelas kecolongan, dengan adanya sebuah aktivitas galian yang ada di wilayah tersebut.

Padahal, sudah beberapa kali kasus galian ilegal terjadi dan beroperasi di Daerah Astanajapura.

\"Seharuanya, kejadian atau kasus galian ilegal yang pernah terjadi, menjadi pelajaran, Pemerintah Kecamatan Astanajapura juga harus tegas dalam hal ini,\" kata dia.

Sementara itu, tokoh pemuda Astanajapura, Adi Rohadi menegaskan, kegiatan galian C yang ada di Desa Buntet tersebut menurutnya jelas ilegal. Makanya, harus segera ditindak.

\"Mauanya, sekarang kami meminta agar pemangku terkait, agar bisa bertindak tegas dan segera galian C ilegal ini ditutup,\" kata dia.

Dikatakan, selain menindak tegas dan menutup lokasi galian, pengusaha galian tersebut juga, kata dia, harus ditangkap.

\"Karena sudah masuk ranah tindak kejahatan, maka pengusaha galian juga harus ditangkap,\" kata dia.

Menanggapi hal itu, Camat Astanajapura, Iing Tajudin, mengungkapkan,  karena dirinya baru ditetapkan sebagai Camat Astanajapura, pihaknya tidak tahu menahu soal adanya galian tersebut.

\"Saya tidak tahu terkait kegiatan galian tersebut, soal itu belum ada laporan,\" kata dia. (kim)

Sumber: