Sekolah Swasta Jauh Lebih Siap

Sekolah Swasta Jauh Lebih Siap

KESAMBI - Beberapa sekolah menengah pertama di Kota Cirebon siap menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ada sedikitnya empat sekolah yang sudah menyatakan kesiapannya.
\"Adin
Adin Imaduddin Nur. Foto: Asep/Rakyat Cirebon 

Namun, dari keempat sekolah yang lebih siap tersebut adalah sekolah swasta.Keempat sekolah yang dimaksud adalah Sekolah Menengah Pertama Kristen (SMPK) Penabur, SMP Santa Maria, SMP Wahidin serta SMP Pelita Bangsa.

Disampaikan Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Adin Imaduddin Nur, hingga saat ini, sekolah negeri sudah didorong untuk UNBK namun masih menemui hambatan.

\"SMA kan sudah dilepas ke Provinsi, dan untuk UNBK di SMP, di Kota Cirebon sudah siap empat sekolah untuk menyelenggarakan itu, tapi itu baru swasta saja,\" ungkap Adin kepada Rakcer.

Sebetulnya, lanjut Adin, kesiapan dari sekolah-sekolah negeri sudah ada, namun hingga saat ini masih ada hambatan yang ditemukan dan semuanya bermuara kepada permasalahan anggaran, termasuk ketersediaan fasilitas penunjang seperti perangkat komputer dan ruangan khusus.

\"Sebenarnya untuk sekolah negeri juga sudah pada siap, tapi yang masih ada beberapa fasilitas yang belum lengkap, ya itu, kembali ke masalah anggaran,\" lanjutnya.

Meskipun demikian, dikatakannya beberapa sekolah negeri sudah mulai mempersiapkan diri untuk melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

\"Memang yang siap itu baru dari sekolah swasta saja, tapi SMPN 1 dan SMPN 5 juga sudah mulai persiapan, mereka sudah punya rencana juga untuk UNBK,\" lanjut Adin.

Mengenai alur kesiapan sekolah untuk menggelar UNBK hingga pelaksanaan UN, setiap sekolah yang sudah siap diharuskan mendaftarkan diri kepada Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia dengan melalui Dinas Pendidikan di daerah masing-masing.

Setelah itu, Dinas Pendidikan akan memberikan rekomendasi dan melanjutkannya kepada Dinas Pendidikan di tingkat provinsi hingga ke kementrian.

Proses pada tahap selanjutnya setelah diajukan, keempat sekolah tingkat menengah pertama yang sudah menyatakan kesiapan menggelar UNBK di Kota Cirebon akan dipantau langsung oleh kementrian, mulai dari pengecekan sarana dan prasarana, ketersediaan SDM, kekuatan jaringan hingga operatornya.

\"Ya keempatnya sudah siap-siap dari sekarang, karena nanti mereka akan di cek kementrian dan provinsi, perangkatnya, jaringannya dan lain-lainnya,\" kata Adin. (sep)

Sumber: