Sampah Menumpuk, Pemkab Pilih Percantik Taman

Sampah Menumpuk, Pemkab Pilih Percantik Taman

DLHD Masih Rencanakan Buka TPA Gunung Santri

SUMBER – Belum selesai tangani persoalan sampah pemerintah Kabupaten Cirebon justru giat mempercantik taman-taman.
\"Taman
Taman Pataraksa. Foto: Ari/Rakyat Cirebon

Pantauan wartawan koran ini di lapangan menyebutkan, sejumlah taman yang dipercantik yakni Taman Sumber, Pataraksa, Plered, Kedawung dan Weru.

Awalnya taman tersebut dibiarkan tidak memiliki papan nama, namun setelah dipercantik taman diberikan papan nama dan penerangan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kabupaten Cirebon Ir Hermawan mengatakan, taman memiliki fungsi yang sangat penting bagi masyarakat, oleh karena itu perlu adanya penataan untuk memanjakan masyarakat.

“Taman bisa dijadikan tempat untuk menghilangkan kepenatan juga sebagai tempat refreshing murah. Sehingga wajar bila dipercantik,” tuturnya pada Rakcer, saat ditemui di kantornya, Senin  (9/1).

Dia mengungkapkan, ada tiga taman yang sudah dipercantik seperti, Taman Pataraksa yang berada di depan kantor bupati, taman Weru yang lokasinya tepat berada di depan Ramayana dan yang terakhir adalah, Taman Kedawung tepat dibundaran Kedawung.

Selain itu, keberadaan hutan kota sumber pun menjadi tempat yang nyaman untuk tempat rekreasi.

“Tiga taman dan satu hutan kota belum cukup untuk mempercantik wilayah kabupaten cirebon. Kedepan, taman-taman  yang ada di kabupaten cirebon pun akan dikembangkan lagi secara bertahap, terutama di wilayah – wilayah perbatasan,\" ungkapnya.

Disinggung mengenai permasalahan sampah, pihaknya saat ini sedang mengusahakan tiga tempat pembuangan akhir (TPA) akan segera direalisasikan, wilayah tengah, barat dan timur.

\"Masalah sampah Alhamdulillah sekarang saya lagi mencoba TPA Gunung Santri minta dibuka kembali. Kemudian, saat ini juga kita ingin membuka TPA di Desa Cipanas,” ucanya.

Hermawan manambahkan, untuk armada sendiri pihaknya sudah tidak kekurangan. Sehingga di tahun 2017 ini, masalah sampah dapat terselesaikan.

“Oleh karena itu, saya minta kepada masyarakat Kabupaten Cirebon untuk sedikit bersabar, karena kita sedang berupaya menuntaskan masalah sampah,” katanya. (ari)

Sumber: