Pohon Mati Ancam Pengguna Jalan

Pohon Mati Ancam  Pengguna Jalan

KUNINGAN - Musim hujan yang disertai angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Kuningan akhir-akhir ini, membuat warga terlebih pengguna kendaraan merasa terancam akan adanya pohon tumbang.
\"sejumlah
Pohon di jalan RE Martadinata mati. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon

Warga berharap pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, agar menebang pohon dipinggir jalan yang berpotensi membahayakan pengguna kendaraan.

Seperti yang berada di sepanjang jalan RE Martadinata Kuningan.

\"Kami minta Pemkab agar menebang pohon-pohon besar disepanjang pinggiran jalan yang sudah tua yang dinilai rawan tumbang yang dapat mencelakai warga dan pengendara baik sepeda motor maupun mobil,\" ujar Anton Heryawan warga setempat.

Menurut Anton, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas terkait.

Namun, tidak ada jawaban yang pasti dengan alasan jalan tersebut merupakan jalan provinsi.

Sehingga dalam proses penebangan pohon pun harus seijin dinas Provinsi Jawa Barat.

“Semuanya ada tujuh pohon yang sudah mati, namun belum ada tindakan apa-apa dari pemerintah, apa harus menunggu dulu korban baru pemerintah bertindak,” kesalnya.

Senada dikatakan Bagio. Dirinya berharap agar kejadian seperti di mobil tertimpa pohon, dimana pohon tumbang menimpa mobil yang sedang parkir tidak terjadi lagi.

Apalagi sekarang musim hujan ditambah angin kencang, dirinya khawatir pohon tumbang saat jalan sedang ramai.

\"Kita tidak mau kejadian seperti kaca mobil pecah akibat tertimpa dahan kering, kami minta Pemkab Kuningan jika memang pohon tersebut kewenangan Pemprov, agar melakukan koordinasi, pasalnya kondisi pohon-pohon besar dipinggir jalan yang dapat membahayakan, agar segera ditebang,\" tukasnya.

Dari pantauan di lapangan, sepanjang jalan RE martadinata Kuningan, tepatnya di kelurahan Ciporang.

Sedikitnya ada tujuh pohon yang kondisinya sudah mati, salain berada di pinggir jalan pohon tersebut dekat dengan pemukiman warga.

Sehingga jika pohon tersebut tumbang bisa membahayakan baik warga ataupun pengguna jalan. (ale)

Sumber: