Pendopo Keraton bakal Disulap Mirip Kerajaan

Pendopo Keraton bakal Disulap Mirip Kerajaan

Pemdes Siapkan Anggaran dari Bantuan Gubernur Jawa Barat

SURANENGGALA - Pemerintah Desa (pemdes) Keraton, Kecamatan Suranenggala, kabupaten Cirebon segera merenovasi pendopo depan balai desa untuk lebih mempercantik halaman kantor.
\"pendopo
Pendopo desa Keraton dimakan usia. Foto: Dandy/Rakyat Cirebon

Kuwu Keraton, Muali mengatakan, pemdes Keraton akan segera merealisasikan bantuan gubernur (bagub) dengan merenovasi pendopo desa.

Renovasi tersebut, kata dia, dilakukan melihat kondisi pendopo yang sudah dimakan usia. Pihak desa juga akan marubah pendopo depan desa dengan nuansa bangunan kerajaan.

“Saat ini pendopo depan balai desakan sudah mulai keropos pondasinya. Kami berencana akan merenovasi menjadi pendopo yang bernuasa kerajaan, karena desa sendiri merupakan desa peninggalan kerajaan,” jelas Muali, kemarin.

Pihaknya akan merubah total tampilan pendopo depan balai desa. Sehingga bernuansa seperti bangunan jaman kerajaan.

Karena bagaimanapun dia desa Keraton memiliki sejarah yang erat kaitanya dengan kerajaan.

Muali juga menyebutkan, tahun ini akan melakukan beberapa pembangunan yang akan bernuansa kerajaan. Seperti gapura, dan meronovasi balai desa yang bernuansa bangunan kerajaan.

Hal tersebut dilakukan pihaknya agar sejarah dan budaya yang ada tetap dilestarikan di desa.

“Kami juga sebenarnya banyak memiliki situs sejarah yang harus tetap dijaga kondisinya. Dan dilestarikan keadaanya agar masyarakat bisa menghargai sejarah desa yang ada,” tegas Muali.

Mulai berharap, dengan lingkungan sekitar yang masih kental dengan nuansa kerajaan, masyarakat bisa memahami sejarah desa dan yang lebih penting menghormati sejarah yang ada.

“Memang sebagian masyarakat masih erat dengan yang namanya kultur budaya kerajaan. Setiap tahun kami masih sering melakukan tradisi yang dilakukan orang pada zaman kerajaan,” tandasnya.

Sekertaris Desa (Sekdes) Keraton Asma’u juga menyampaikan hal sama. Pemdes akan segera merenovasi pendopo depan desa menjadi bangunan yang bernuansa kerajaan.

Renovasi tersebut akan digelar menggunakan anggaran bantuan gubernur yang belum lama ini turun.

“Kami akan segerah melakukan renovasi pendopo depan balai desa menjadi pendopo ala kerajaan, agar suasana kerajaan di balai desa terasa. Karena desa sebenarnya banyak memiliki sejarah kerajaan,” kata Asma’u. (dym/mgg)

Sumber: