LKKS Kuningan Jadi Percontohan se-Jabar

LKKS Kuningan Jadi  Percontohan se-Jabar

KUNINGAN-  Lembaga Koordinasi kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan, yang konsen dan terdepan dalam bidang pemberdayaan sosial, mendapat kunjungan dari LKKS Kabupaten Bandung Barat yang dipimpin langsung oleh Ketua LKKS Hj Lin Abu Bakar di pendopo Bupati Kuningan, kemarin.
\"kunjungan
Kunjungan tim LKKS Kabupaten Bandung. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon

Ketua Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kabupaten Kuningan Hj Ika Siti Rahmatika, SE mengatakan, LKKS Kabupaten Kuningan dipilih oleh Badan Koordinasi Kegiatan Kesehjahteraan social (BK3S) provinsi Jawa Barat, sebagai percontohan LKKS yang ada di Kabupaten/Kota se-Jabar.

“Alhamdulillah LKKS Kabupaten Kuningan ditunjuk oleh BK3S Provinsi Jabar sebagai tujuan studi banding oleh LKKS Sejabar,” kata Ika yang didampingi sekretaris LKKS Wibawa Gumbira, kemarin.

Menurut istri Bupati Kuningan ini, setelah beberapa waktu lalu dikukuhkan, dirinya berharap LKKS dengan kepengurusan yang baru dapat mengoptimalkan paran lembaga dalam membumikan spirit kaum intelektual yang mempunyai tingkat kepedulian dan kesetiakawanan sosial

Serta mampu memaknai bahwa peran dari pengurus untuk memproresifkan kinerjanya demi memperlihatkan eksistensi LKKS Kuningan.

Imengungkapkan, pembangunan di bidang kesehjahteraan sosial pada hakikatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan masyarakat Indonesia seluruhnya.

Sasaranya difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia, khususnya bidang kesejahteraan sosial yang sebaik-baiknya.

Serta penciptaan lingkungan lingkungan sosial masyarakat yang sehat dan dinamis.

“Saya selaku ketua LKKS Kabupaten Kuningan akan mencoba menciptkan inovasi dan terobosa baru dalam mengembangka model pelayanan guna mengatasi berbagai permasalahan di bidang kesejahteraan sosial. Karena penyelesaian persoalan-persoalan sosial yang sedang menimpa bangsa ini bukan hanya merupakan tanggung jawab pemerinrah saja akan tetapi juga menjadi taggung jawab bersama seruluh komponen bangsa” katanya.

Sementara Sekretaris LKKS Wubawa Gumbira menambahkan, sebagai pilar organisasi sosial masyarakat dan mitra kerja pemerintah, ini merupakan kunjungan pertama dari Pemkab Bandung Barat yang dipimpin langsung oleh Ketua LKKS Bandung Barat.

“Saya memiliki keyakinan segenap kepengurusan LKKS yang rata-rata memiliki kompetensi dan pengalaman yang mumpuni dibidang keehjahteraan sosial akan menjadi modal sosial penting yang aan saling mengisi dan menguatkan serta mendukung kebijakan program pemerintah,” jelasnya.

Diungkapkannya, dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial diarahkan agar pembangunan kesehjahteraan sosial senantiasa selalu bertumpu pada penguatan jati diri bangsa.

Yakni, sifat gotong royong, kesetiakawanan sosial dan semangat keperintisan serta kepahlawanan.

“Nila-nilai itu terus kita kembangkan, tidak hanya dalam arti normatif dan seremonial, melainkan dalam bentuk aksi nyata keteladanan dan sosialisasi masif di segenap lapis masyarakat,” jelasnya. (ale)

Sumber: