Dorong Peningkatan Pelayanan Posyandu

Dorong Peningkatan Pelayanan Posyandu

Pemdes Tuk Tebar Bantuan Alat Penunjang

KEDAWUNG – Tujuh posyandu yang tersebar di Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, belum lama ini mendapatkan sumbangan dari pemerintah desa (pemdes) setempat.
\"kader
Kader posyandu desa Tuk. Foto: Dandy/Rakyat Cirebon

Sumbangan itu berupa timbangan bayi, timbangan dewasa, kursi, meja dan penyanggah dacin untuk melengkapi peralatan yang dibutuhkan posyandu agar pelayanan berjalan lebih maksimal.

Kuwu Tuk, Paturohim menjelaskan, pihaknya belum lama ini telah melakukan kunjungan ke tujuh posyandu yang berada di desanya. Kunjungan tersebut dilakukan untuk memberikan bantuan kepada posyandu berupa peralatan yang menopang jalanya kegiatan posyandu.

Kunjungan tersebut juga, kata dia, dilakukan sekaligus untuk berdiskusi kecil dengan para kader posyandu membahas tentang permasalahan yang ada dalam posyandu satu tahun terakhir ini.

“Dalam kunjungan itu selain memberikan bantuan kepada 7 posyandu, kami juga berdiskusi untuk mengevaluasi kinerja para kader dalam satu tahun terakhir ini,” jelas Paturohim, kemarin.

Diakatakan Paturohim, sumbangan yang didistribusikan pihaknya merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemdes untuk lebih bisa meningkatkan kualitas dari posyandu itu sendri.

Paturohim juga berharap, apa yang diberikanya bisa bermanfaat bagi masyarakatnya. Karena bagaimanapun, kata dia, kesehatan adalah hal penting yang harus dimiliki semua orang.

“Untuk tahun ini kami memang belum memberikan banyak hal untuk para posyandu, tetapi kami kedepan akan terus berupaya memaksimalkan untuk mengembangkan posyandu,” kata Paturohim.

Sementara itu, Sekertaris Desa (Sekdes) Tuk, Suwarno menyampaikan, kunjungan yang dilakukan pihaknya ke posyandu sebagai agenda rutin desa yang dilakukan dalam satu tahun sekali.

Dalam kunjungan tersebut juga pihaknya memberikan bantuan perlengkapan posyandu seperti timbangan bayi, timbangan untuk orang dewasa dan peralatan lainya.

“Dengan lengkapanya peralatan yang dimiliki posyandu desa diharapkan pelayanan yang ada lebih maksimal,” kata Suwarno.

Surawno juga menambahkan, untuk tahun 2017 ini, pihak desa selain terus melakukan pembangunan akan lebih banyak melakukan pemberdayaan masyarakat.

“Salahsatunya pemberdayaan posyandu, dan karang taruna desa,” tandasnya. (dym/mgg)

Sumber: