Wabup Kunjungi Korban Puting Beliung

Wabup Kunjungi Korban Puting Beliung

INDRAMAYU - Wakil Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi mengunjungi warga yang menjadi korban bencana angin ‎puting beliung di Desa Mekarjati, Kecamatan Haurgeulis, Rabu (4/1).
\"wabup
Wabup Supendi kunjungi korban puting beliung. Foto: Tardi/Rakyat Cirebon

Sejumlah bantuan diserahkan untuk meringankan beban dan memotivasi warga agar tetap tabah dalam menghadapi musibah.

Agenda kunjungan kerja (kunker) wabup tersebut dipusatkan di Blok Cipedang guna memastikan kondisi terkini pasca terjadinya bencana pada Senin (2/1) petang lalu tersebut. ‎

Turut hadir mendampingi, camat dan kuwu setempat, juga unsur Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu.

Dalam kesempatan itu wabup menyempatkan untuk melihat langsung lokasi terdampak bencana.

Meski tidak ada korban jiwa, namun menurutnya pemulihan terhadap pemukiman dan psikologis ‎tetap perlu dilakukan.

Sehingga kerusakan dapat ditanggulangi dan masyarakat dapat kembali beraktivitas seperti biasa.

\"Alhamdulillah tidak ada korban, hanya kerusakan rumah dan sudah diperbaiki. Situasinya terjaga dengan baik, tetap kondusif,\" jelas wabup usai menyerahkan bantuan sembako dan makanan siap saji.

Sementara dari data yang diperoleh, hujan deras disertai angin kencang yang menerjang desa tersebut mengakibatkan 11 rumah rusak berat, 1 rumah rusak sedang, dan 36 rumah rusak ringan.

Masih di kecamatan yang sama, bencana serupa terjadi dalam waktu bersamaan ‎di Desa Haurkolot.

Sebanyak 2 rumah dilaporkan mengalami kerusakan sedang, dan 3 rumah rusak ringan. Angin puting beliung juga merusak atap sebuah sekolah yang terbuat dari baja ringan.

Bersamaan dengan itu, BPBD mengimbau masyarakat agar tetap waspada, juga siaga dan tanggap selama peralihan musim masih berlangsung.

Bahkan Satuan Koordinasi Pelaksana (Satkorlak) Penanganan Bencana Alam (PBA) di tingkat kecamatan dan desa harus memantau situasi dan perkembangan dengan kesiap siagaan dalam tugas maupun fungsinya. (tar)

Sumber: