Fisik Bukan Halangan untuk Berprestasi

Fisik Bukan Halangan untuk Berprestasi

Mengenal Sosok  Elon, Penyandang Tunanetra yang  Mendapat Promosi Jadi Kabid PAUD

SUASANA berbeda terlihat saat mutasi dan Pelantikan Stuktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru Eselon II, III dan IV di lingkup Pemkab Kuningan, bertempat di lapangan tenis indoor hotel horison tirta sanita dengan dihadiri 1126 orang pejabat.
\"Erlon
Erlon Carlan. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon 

Pasalnya, ada sosok Erlon Carlan MMPd penyandang tunanetra yang dipromosikan jabatannya dari sebagai Kepala Sub Bag Pendidikan Pemuda dan Olah raga pada bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kab Kuningan, menjadi Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan anak usia dini PAUD dan pendidikan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Kuningan.

Elon Carlan MMPd saat ditemui usai mutasi kemarin menuturkan, promosi jabatan ini merupakan amanat yang harus di emban karena jabatan merupakan amanah yang harus dijalankan dengan baik.

Sehingga dalam pelaksanaan kinerja menghasilkan yang terbaik untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan jabatan baru ini, saya akan menjalankannya dengan penuh tanggung jawab sesuai tupoksi,” kata Elon yang pernah mendapat anugrah dari Presiden RI tahun 1994 sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Pembangunan.

Dalam hidupnya kata Elon, ada dua orang yang sangat berjasa, yakni almarhum Hj Utje Ch Suganda dan pak Memet.

Ibu Utje selalu memberikan dorongan, dukungan dan memfasilitas sehingga terwujudnya sekolah SLB Taruna Mandiri untuk menampung anak-anak yang mempunyai kebutuhan khusus. Sedangkan Pak Memet, baginya seperti sosok ayah yang selalu menuntun dikala suka ataupun duka hingga urusan pribadi.

“Mereka berdua merupakan sosok yang penting dalam perjalanan karir saya. Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh penyandang cacat di Indonesia jangan putus asa, mari kita tunjukan bahwa kita bisa seperti mereka,” ujarnya.

Sementara, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, sosok Elon Carlan penyandang tunanetra, merupakan tipikal pekerja keras, dia mempunyai kemauan yang besar dan siap diperintah kemana saja.

Bahkan menghadapi pejabat-pejabat yang lebih tinggi dari jabatannya seperti di Provinsi atau pemerintah pusat, dia berhasil menghadapinya. Oleh Karena itu, Pemkab Kuningan ingin memberikan contoh bahwa orang cacat juga mampu berprestasi.

“Dengan segala kekurangan dan kelebihan Elon, saya yakin dengan filingnya, dia mampu mengakomodir rekan-rekan sesama penyandang cacat di Kuningan agar mendapat perhatian yang sama karena selama ini mereka kurang terakomodir,” terangnya.

Pengangkatan Elon kata Acep, telah melalui pertimbangan yang cukup matang. Karena dia (Elon Carlan,red) merupakan salah seorang pegawai yang mempunyai loyalitas dan kredibilitas yang didukung oleh kemampuan dan wawasan yang tinggi.

Sehingga Pemerintah Kabupaten Kuningan memberikan promosi jabatan kepada Elon Carlan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan.

“Saya apresiasi kepada para penyandang disabilitas yang tetap semangat dan berkarya untuk masyarakat. Walaupun mereka mempunyai kekurangan secara fisik, namun hasil karya mereka bisa dinikmati oleh banyak orang,” jelasnya. (aleh malik)

Sumber: