Unswagati Lomba Karya Tulis Ilmiah

Unswagati Lomba Karya Tulis Ilmiah

CIREBON - Unswagati Cirebon menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI). Perlombaan tersebut merupakan salahsatu rangkaian dari Dies Natalis ke-55 Unswagati.
\"lomba
Lomba karya tulis Unswagati. Foto: Ist./Rakyat Cirebon

Lomba yang diikuti puluhan dosen tersebut, dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan Akademik (BPA) Dr Iyay Robia Khaerudin MPd dan dihadiri Kabid Lemlit Yayat Rahmat Hidayat MAgr, serta para juri, yakni Dr Junaedi Noer SE MM dan Dr Achmad Faqih.

Dalam pembukaanya, Dr Iyay menyampaikan, jika dianalogikan, seorang dengan dengan karya tulis ilmiah ibarat dua gambar mata uang dalam satu keping mata.

Menurutnya, dosen dan karya tulia ilimian tak biasa dipisahkan.

“Pada lomba di lingkungan internal ini, selain untuk mengajak lebih bersemangat untuk melakukan penulisan karya ilmiah. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, seorang dosen selain melakukan pengajaran dia juga harus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang hasilnya dapat menjadi karya tulis ilmiah untuk dipublikasikan,” katanya.

Sementara menurut Sekretaris Lemlit Aang Curatman MSi secara terpisah menambahkan, kegiatan ini selain dalam rangka seremoni Dies Natalis Unswagati juga untuk mencari karya-karya terbaik dosen.

Dari karya terbaik tersebut, oleh pihak Lemlit Unswagati selanjutnya akan didorong untuk dapat diusulkan sebagai penelitian pada Kemenristekdikti. “Arahnya kesana dan mendorong juga untuk peningkatan publikasi sebagai follow up-nya,” ujarnya.

Salah satu peserta Dede Tri Kurniawan, M.Pd mengapresiasi adanya lomba ini, selain sebagai motivasi juga untuk ajang sharing karya ilmiah antar fakultas.

“Dengan peserta yang lintas fakultas akhirnya bisa saling mengetahui bagaimana perkembangan karya tulis yang ada. Dan tentunya kedepan akan saling menunjang,” ungkapnya. (man/rls)

Sumber: