PAC Ansor Asjap Gelar Maulid Nabi

PAC Ansor Asjap  Gelar Maulid Nabi

ASTANAJAPURA – Dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Astanajapura, Kabupaten Cirebon, melaksanakan kegiatan keagamaan selama dua hari.
\"Maulid
Maulid Nabi berlangsung khidmat. Foto: Kim/Rakyat Cirebon

Setelah sebelumnya, pada hari Selasa (27/12), mengadakan kegiatan bahtsul masail dan pada Rabu (28/12), melaksanakan Istghosah dan tabligh akbar.

Dalam kegiatan tersebut, istghosah dipimpin oleh KH Jaelani Imam Ponndok Pesantren (Ponpes) dan tablig akbar dipimpin oleh Dr KH Abbas Billy Yachsy Fuad Hasyim yang juga merupakan pengurus Ponpes Buntet.

Ketua PAC GP Ansor Astanajapura, M Syahroni SPd mengungkapkan, pihaknya sengaja melaksanakan kegiatan-kegiatan religi guna memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dan diadakannya Maulid Nabi Muhammad, kata dia, bertujuan untuk mengenal kelahiran, karakteristik, mukjizat, sirah serta akhlak mulia Nabi Muhammad SAW, bukan hanya ketika maulid saja.

Mengenal beliau dan hal-hal tadi, kata dia, memang bukan hanya pada waktu tertentu dan dalam kumpulan tertentu, akan tetapi setiap saat, sepanjang waktu.

“Dan Alhamdulillah, dari awal sampai ahir acara, berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala. Selain untuk memperingati Maulid Nabi, kita juga bertujuan untuk membuktikan bahwa Ansor Asjap aktif dan akan terus mengadakan acara-acara keagamaan lainnya,” kata dia.

Dikatakan, PAC Ansor Asjap bukan hanya menggelar seremoni Maulid Nabi, melainkan kegiatan lain dan sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

Dan antusias mayarakat yang begitu besar dalam acara tersebut, menambah kemeriahan acara tersebut.

“Ucapan terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipsi demi terlaksananya acara ini Jazakumulloh Ahsanal Jazaa. Kita juga bukan hanya sekadar seremoni, tapi ada kegiatan lain selain seremoni, salahs atunya seperti acara Istighosah dan kegiatan kehidupan sosial masyarakat,” kata Sya’roni.

Pihaknya berharap, PAC Ansor Astanajapura lebih berperan aktif dalam kehidupan masyarakat sekitar.

“Kami mohon doanya, agar Ansor kedepan lebih berperan aktif dalam kehidupan bermasyarakat dan semoga kami, mampu menjaga ajaran Ahlissunnah Waljamaah Annahdhiyyah serta mengawal keutuhan NKRI sebagai ibu pertiwi. Dan semoga dengan diadakannya acara ini, sedikitnya mampu memupuk Ukhuwah Diniyah dan Wathoniyah,” kata dia.

Sementara itu, perwakilan Pengurus Ansor Kabupaten Cirebon, M Yoyon Syukron Amin Mhum, menambahkan, peringatan Maulid Nabi, dilakukan dalam rangka mengingat kelahiran, keistimewaan, mukjizat, sirah, dan mengetahui akhlak Rasulllah.

“Kita pun diperintahkan untuk melakukan hal-hal tadi dalam rangka menjadikan dan meneladani beliau (Nabi,red),” kata dia.

Arti makna dan hikmah Maulid Nabi besar Muhammad SAW, kata dia, menjadi penting untuk dikaji, ditelaah dan diselami agar perayaan dan tradisi untuk memperingati kelahiran baginda Nabi Muhammad tidak sebatas pada seremonial belaka.

“Tetapi, mengandung makna yang filosofis-substantif,” kata dia. (kim)

Sumber: