Argasunya Diterjang Angin Puting Beliung

Argasunya Diterjang Angin Puting Beliung

Tagana Lakukan Evakuasi Rumah yang Roboh

HARJAMUKTI - Angin puting beliung dibarengi dengan hujan deras menerjang kawasan selatan Kota Cirebon Senin (26/12) malam.
\"evakuasi
Tagana evakuasi bangunan roboh. Foto: Asep/Rakyat Cirebon

Sebagai mitra dari Dinsos yang dituntut siaga terhadap semua kejjadian di masyarakat, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cirebon turun langsung ke lapangan untuk mengevakuasi beberapa rumah yang roboh dan tertimpa runtuhan pepohonan, kemarin.

Ketua Forum Komunikasi Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Cirebon, Subagyo mengatakan, menurut laporan yang diterimanya bencana puting beliung yang merobohkan rumah warga terjadi di RW 05 Kedung Krisik Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon.

\"Ada beberapa rumah roboh akibat angin kencang yang dibarengi hujan deras, kita langsung tanggap dan turun ke lapangan untuk melakukan evaluasi,\" ungkap Subagyo kepada Rakcer.

Beberapa rumah yang roboh akibat tertimpa pohon tumbang, lanjut dia, diantaranya adalah milik Ahmad Munawar, Asep dan Sumim warga setempat. \"Sekitar tiga rumah yang tertimpa pohon, berhasil kita evakuasi,\" lanjut dia

Untuk mengevakuasi rumah yang roboh, Tagana Kota Cirebon menurunkan 12 personel yang turun dan bergabung dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cirebon.

Untuk kerugian dikatakannya masih dalam penghitungan, namun diperkirakan akan mencapai ratusan juta rupiah.

\"Untuk kerugian belum bisa ditentukan, tapi alhamdulillah bencana ini tidak menimbulkan korban,\" kata dia.

Sebagaimana diberitakan rakcer sebelumnya, beberapa potensi bencana yang mengancam di wilayah Kota Cirebon, khususnya di wilayah bagian selatan adalah angin puting beliung.

Untuk itu, Subagyo mengimbau kepada seluruh masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah-wilayah rawan agar senantiasa waspada dan berhati-hati.

Pasalnya, memasuki musim penghujan ini banyak hal bisa terjadi tanpa diduga, seperti angin puting beliung  kemarin terjadi. (sep)

Sumber: