Mahasiswa: Uang Rupiah Baru Mirip Mainan Monopoli

Mahasiswa: Uang Rupiah Baru Mirip Mainan Monopoli

KESAMBI - Komunitas Generasi Baru Indonesia (Genbi) Cirebon turut membantu langkah Bank Indonesia memperkenalkan uang rupiah baru tahun emisi 2016 kepada masyarakat, terutama kepada para mahasiswa.
\"sosialisasi
Sosialisasi uang rupiah baru. Foto: Asep/Rakyat Cirebon

Kemarin, Genbi Cirebon memperkenalkan uang rupiah baru kepada para mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.

Dimulai sekitar pukul 08.00 pagi, puluhan anggota Genbi Cirebon menyebar dan memperlihatkan uang baru serta memberi penjelasan kepada para mahasiswa yang mengajukan pertanyaan.

Ketua Genbi Cirebon, Ardian Maulana menyampaikan, sebagai komunitas yang berada di bawah bimbingan langsung Bank Indonesia, sudah sewajarnya turut membantu tugas BI dalam memperkenalkan uang rupiah baru yang baru saja di keluarkan.

\"Genbi Cirebon, komunitas yang dibimbing oleh BI langsung ikut mensosialisasikan uang baru kepada masyarakat. Karena kami memang mahasiswa, jadi kita fokuskan di dunia kampus terlebih dahulu,\" ungkap Ardian saat diwawancarai wartawan koran ini, kemarin.

Ardian menuturkan, Genbi merupakan sebuah komunitas bagi para mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia, dimana Genbi ini bergerak di bidang sosial dan mengemban tugas untuk menyampaikan peran dan tufoksi Bank Indonesia kepada Masyarakat, salahsatunya adalah uang baru ini.

Menurutnya, setelah memperkenalkan uang rupiah emisi baru kepada para mahasiswa di IAIN, Ardian pun mengakui banyak tanggapan yang menarik dari para mahasiswa.

\"Mereka (mahasiswa, red) tanggapannya beragam. Ada yang ngomong uangnya seperti uang euro dan dolar, ada yang bilang uangnya keren, macam-macamlah,\" kata dia.

Namun dalam memperkenalkan uang baru tersebut, Genbi menjelaskan kepada semua mahasiswa bahwa jenis baru ini dicetak dengan teknologi yang membuatnya susah untuk dipalsukan.

Mahasiswa jurusan sejarah di IAIN, Arisandi mengaku, sedikit lucu melihat tampilan uang baru yang dikeluarkan BI tersebut, selain gambar pahlawan yang baru kurang familiar, ada beberapa sisi yang belum bisa diyakininya bahwa itu adalah uang asli.

\"Uangnya sih bangus, tapi kok mirip uang yang biasa dipakai untuk bermain monopoli, jadi kaya uang palsu,\" kata Aris.

Selain memberikan informasi tentang uang baru kepada para mahasiswa, Genbi juga rajin memperkenalkannya kepada masyarakat. Seperti ditambahkan Ardian di car free day. (sep/mgg)

Sumber: