Pro Perempuan, Pemkab Cirebon Diganjar APE

Pro Perempuan, Pemkab Cirebon Diganjar APE

SUMBER – Dianggap melibatkan perempuan dalam pembuatan kebijakan, Pemerintah Kabupaten Cirebon diganjar penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-AP) RI.
\"penghargaan
Penghargaan APE. Foto: Ist./Rakyat Cirebon

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten cirebon Drs H Yayat Ruhyat MSi, di Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta, kemarin.

Dalam Penerimaan penghargaan ini dihadiri oleh kepala BPPKB Kabupaten Cirebon Drs H Supadi Priyatna MSi bersama Sekretaris H Raharjo MKes, Kepala Bappeda Kabupaten Cirebon Drs Erus Rusmana MSi.

Kepada wartawan, Supadi menyampaikan, Anugerah Parahita Ekapraya (APE) ini adalah penghargaan yang diberikan kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah, provinsi dan kabupaten atau kota yang dinilai telah berkomitmen dan mengimplementasikan strategi terkait dengan pengarusutamaan gender (PUG), pemberdayaan perempuan (PP), dan perlindungan anak (PA) di berbagai sektor pembangunan.

“Di tahun 2016 ini, dari tiga kategori penerima anugerah, pemula madya dan tingkat utama, Pemerintah Kabupaten Cirebon meraih tingkat madya atau pengembang,” kata Mantan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Cirebon itu.

Menurutnya, penganugerahan ini dinilai dari tujuh komponen kunci yakni, komitmen kepala daerah, kebijakan daerah, kelembagaan yakni kelompok kerja PUG, Focal Point, sumber daya manusia dan anggaran.

Kemudian, lanjutnya, alat analisis gender, data gender dan partisipasi masyarakat atau terobosan inovatif.

“Adapun indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan PP dan PA teridir dari, prasyarakat, dasar dan utama untuk pelaksanaan PUG, pemberdayaan perlindungan perempuan serta pelaksanaan pemenuhan hak dan perlindungan anak,” pungkasnya. (yog)

Sumber: