Uniku Bidik 75 Persen Prodinya Terakreditasi B

Uniku Bidik 75 Persen Prodinya Terakreditasi B

SINDANGAGUNG – Menjelang pelantikan Rektor baru periode 2017-2020, Dr H Dikdik Harjadi MSi, jajaran pimpinan Universitas Kuningan (Uniku) menggelar media gathering di RM Flamboyan Desa Sindagsari Kecamatan Sindangagung, Jumat (23/12).
\"uniku
Uniku gelar media gathering. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon

Pertemuan tersebut diinisiasi Bagian Humas Hukum dan kerjasama Uniku yang dipimpin Fahrus Zaman MPd.

Tampak dari jajaran keluarga besar Uniku, Rektor Dr H Iskadar Hasan MM, Purek III yang juga Rektor terpilih Dr H Dikdik Harjadi MSi, Ketua Yayasan Sang Adipati Kuningan Drs H Uri Syam SH MH, Ketua Dewan Pembina Yayasan Sang Adipati Kuningan sekaligus sesepuh Uniku Drs H Djuhari beserta jajarannya serta sejumlah dosen.

Rektor Uniku Dr H Iskdandar Hasan MM yang beberapa hari kedepan akan menyerahkan jabatannya kepada Rektor yang baru terpilih Dr H Dikdik Harjadi MSi, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para awak media yang selama ini telah bekerjasama dengan baik untuk mempublikasikan Uniku kepada seluruh masyarakat.

Ia pun memaparkan sejumlah poin penting terkait perkembangan Uniku yang dipimpinnya selama 2 periode sejak 2008 hingga 2016 yang sudah banyak berbenah guna memantapkan Uniku sebagai salah satu Perguruan Tinggi ternama di Jawa Barat.

“Sejak awal memimpin Uniku pada 2008, saya bertekad untuk membangun sistem baik aturan kepegawaian, penggajian, promosi, akademik dan keuangan yang berbasis IT (SIKA). Spirit kebersamaan dan kekeluargaan, meritokrasi dan transparansi, serta membangun iklim kemahasiswaan yang kondusif dan meningkatnya kesejahteraan dosen dan mahasiswa. Itulah warisan terbesar saya. Tetapi secara umum silakan masyarakat sendiri bisa menilai saya, bisa melalui pemberitaan di media,” kata Iskandar.

Diakui Iskandar, tantangan terbesar adalah membangun sumber daya manusia Uniku, khususnya kualifikasi dosen.

Ia telah mendorong para dosen untuk melanjutkan studinya hingga jenjang doktoral dengan memberi bantuan dana sesuai kemampuan universitas, baik studi lanjut di dalam maupun di luar negeri.

Dengan cara tersebut, Uniku dalam waktu dekat menurutnya dipastikan akan panen dosen yang bergelar doktor dan guru besar serta memiliki komitmen dan profesionalisme yang tinggi.

Disebutkan, tuntutan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) menuntut Uniku untuk meningkatkan jumlah program studi yang ada menjadi terakreditasi B.

Guna mendongkrak peringkat akreditasi institusi, ia telah mendorong seluruh civitas akademika untuk bekerja keras agar 75 persen prodi yang ada terakreditasi B.

“Bahkan kami memiliki prodi yang berakreditasi A bila akreditasi sistem informas naik, maka prasyarat utama akreditasi B bagi Uniku bakal jadi kenyataan,” sebut Iskandar.

Sementara itu, menyambut statemen Iskandar yang secara tidak langsung sudah memberikan estapet kepemimpinan kepada penerusnya.

Rektor baru Uniku yang menurut rencana akan dilantik awal Januari tahun depan, Dr H Dikdik Harjadi MSi, mengungkapkan rasa syukurnya atas kepercayaan kampus kepadanya untuk meneruskan jejak kepemimpinan Iskandar sebagai Rektor.

Dikdik pun berjanji akan melaksanakan tugasnya semaksimal mungkin untuk membuat Uniku lebih maju dan berkembang kedepan.

“Insya Allah saya akan bekerja semaksimal mungkin dalam menjalankan tugas saya sebagai Rektor Uniku melanjutkan Pak Iskandar untuk membuat Uniku lebih maju dan berkembang lagi dari sekarang,” tekad Dikdik seraya memaparkan sejumlah program yang kedepan akan dirintisnya di Uniku. (muh)

Sumber: