Serah Terima Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya di Cigugur

Serah Terima Tonting Yudha  Wastu Pramuka Jaya di Cigugur

KUNINGAN - Dalam rangka untuk mengenang kembali lahirnya Korps Infanteri, serta untuk memberikan motivasi kepada prajurit Infanteri dalam mengemban tugas dan tanggung jawab, maka diadakan kegiatan Peleton Beranting yang merupakan suatu tradisi setiap tahunnya.
\"Peleton
Peleton Beranting. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon

Upacara Serah Terima peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya tahun 2016 ini bertempat di lapangan voli Lingk Kamukten Kel Cigadung Kec Cigugur Kabupaten Kuningan, kemarin.

Upacara dihadiri dihadiri oleh, Aspres Divisi Infanteri I Kostrad Kolonel Inf Edi Saputra, Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat SIP, Kasdim 0615/Kng Mayor Inf Riza Taufiq Hasan SIP.

Danyon Raider 323/BP Letkol Inf Fadli Mulyono, Danyon 320/Badak Putih Mayor Inf Ashar, Bupati Kuningan diwakili Asda l/pemerintahan Drs Maman Hermansyah Msi, Muspika Cigugur dan Pengurus Ormas Pemuda Panca Marga, Pemuda Pancasila, Gibas, GRIB, Barak serta masyarakat setempat.

Dalam Upacara Diisi Pembacaan Ikrar dan Amanat Panglima Besar Jendral Soedirman dan Pembacaan Ikrar dan Amanat dari Korps Prajurit

Kemudian diikuti dengan Penandatanganan Serah Terima simbol Yudha Wastu Pramuka Jaya dari Peleton beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya I yang pimpin oleh Lettu Inf I Putu Yana Kepada Yonif 323/Buaya Putih pimpinan Letda Inf Saeful Bahri.

Dalam Sambutannya Asda 1 Drs Maman Hermansyah Msi yang mewakili Bupati Kuningan Selaku Inspektur Upacara menyampaikan agar para prajurit Infranteri benar-benar menghayati makna dan nilai heroik dari napak tilas perjalanan Panglima Besar Jenderal Soedirman.

Serta bahwa melalui peringatan hari infanteri ini telah lahir seorang Panglima Besar yang kemudian diabadikan sebagai Bapak Infanteri yakni, Panglima Besar Jendral Soedirman yang dengan kepemimpinannya, keteladanannya dan kesungguhan jiwa perjuangannya telah memberikan corak dan kepribadian prajurit infanteri.

Sikap rela berkorban, berjuang tanpa pamrih, konsisten antara ucapan dan tindakan dan kemanunggalan yang hakiki dengan rakyat serta profesionalisme keprajuritan yang dimiliki panglima Besar Jendral Soedirman sangat perlu untuk dicontoh untuk menghadapai berbagai tandangan tugas di masa- masa yang akan datang.

Bupati mengharapkan agar seluruh peserta Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya akan selalu terkenang dengan latar belakang perjuangan Panglima Besar Jendral Soedirman serta dapat mengambil hikmah yang terdalam dan terkandung dalam keteladannya.

Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat menyampaikan bahwa kegiatan Yudha Wastu Pramuka ini, merupakan suatu kegiatan apresiasi yang harus terus dikobarkan khususnya bagi prajurit Infanteri, TNI Angkatan Darat.

Dirinya berharap melalui kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa memiliki dan semangat bersama untuk menjaga kedaulatan bangsa.

Kegiatan Beranting Yudha Wastu Pramuka Jaya ini, dimulai dari Lap. Voli Kp. Kamukten Ds. Cigadung menuju lapangan Koramil 1716 Cikijing Kabupaten Majalengka dengan jarak tempuh sepanjang 20 KM. (ale)

Sumber: