BPBD Masih Melakukan Pencarian Korban Banjir

BPBD Masih Melakukan Pencarian Korban Banjir

KUNINGAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kuningan, melanjutkan pencarian Hamdan Nurohman (6), warga Rt 05/03 Desa Galaherang Kecamatan Maleber, yang hanyut di Sungai Cihejo pada hari Rabu (14/12) sekitar pukul 14.30 WIB.
\"Tim
Tim SAR cari korban banjir. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon

Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin mengatakan, pencarian korban tersebut dilakukan dengan penyisiran sungai Cisanggarung dengan peralatan lengkap seperti perahu karet dan pelampung.

\"Kita sudah mengerahkan 12 lebih personel yang terdiri atas Search And Rescue (SAR), BPBD dan Tagana serta dibantu masyarakat sekitar untuk mencari korban hanyut tersebut,\" katanya.

Ia mengatakan, yang menjadi kendala dalam melakukan pencarian korban hanyut tersebut adalah masih derasnya arus Sungai Cisanggarung karena hujan lebat masih terjadi hingga hari ini.

\"Untuk operasi SAR Galaherang, sampai hari kemarin masih nihil, sementara hari ini Operasi SAR masih dilanjutkan dengan menyisir ulang dari titik awal kejadian sampai muara sungai Cihejo hingga Cisanggarung sepanjang 800 meter untuk mengclearkan korban diduga tertimbun longsoran atau material lainnya,” ujarnya.

Kemudian, kata Agus pencarian dilanjutkan dengan menyisir sungai Cisanggarung mulai dari jembatan luragung/kasreng ke arah hilir/bendung Cikesik Cidahu. dan sampai sore ini operasi SAR masih berlangsung dan hasil masih nihil.

Ia meminta warga yang melakukan aktivitas di sungai maupun yang akan menyebrang sungai untuk lebih berhati-hati.

Apalagi, curah hujan sekarang masih tinggi dan aliran sungai deras diharapkan bagi masyarakat lebih hati-hati terutama ketika ingin menyeberang dan melakukan pekerjaan di aliran sungai tersebut.

\"Tujuan dari melapor ini supaya lebih mengetahui medan yang dituju,\" katanya. (ale)

Sumber: