Pemkab Harus Perhatikan Warga Cikalahang

Pemkab Harus Perhatikan Warga Cikalahang

PDAM Diminta Tidak Langgar Kesepakatan Awal 

SUMBER - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, H Mustofa meminta kepada pemerintah daerah untuk memperhatikan masyarakat Desa Cikalahang, Kecamatan Dukupuntang atas keluhannya terkait kekurangan air. Baik itu untuk kebutuhan rumah tangga, perikanan dan pertanian.
\"Mustofa
Mustofa (kiri). dok. Rakyat Cirebon

“Pemerintah juga harus memperhatikan warga Cikalahang, apalagi katanya dulu ada kesepakatan dengan pemerintah,” katanya.

Informasi yang didapat, kata Mustofa, masyarakat menagih janji yang pernah disepakati oleh pemerintah pada saat itu.

\"Bahwasanya nanti akan dibangun fasilitas oleh pemerintah, kebetulan sekarang mungkin disana kekurangang air, makanya mereka menagih janji itu,” kata Mustofa.

Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, ia telah meminta kepada Komisi 2 dan Komisi 3 untuk datang ke Cikalahang guna melihat secara langsung duduk persoalan yang sebenarnya. Hasil tinjauan tersebut, akan dirapatkan dan disampaikan ke pemerintah.

“Pemerintah melalui dinas teknis juga harus melakukan dialog dengan masyarakat disana. Ya harus ada kebijakan pemerintah dan diintruksikan kepada dinas teknis untuk melakukan langkah-langkah yang nyata, sehingga ada kepastian dimasyarakat,” katanya.

Muatofa berharap, Komisi 2 dan 3 dapat memberikan solusi dan memecahkan duduk persoalan yang kini tengah dihadapi masyarakat dan PDAM.

“Saya sudah perintahkan komisi 2 untuk meninjau kesana( Cikalahang, red),” katanya.

Dalam menyikapi persoalan ini, kata Mustofa, pemerintah harus bijaksana, apalagi pernah ada perjanjian dengan warga setempat pada tahun 1978 terkait penggunaan sumber air di Cikalahang.

“Dinas teknis ini, bukan hanya PDAM. Kan ada yang lainnya juga yang harus ikut menanggani permintaan warga ini. Apabila memerlukan anggaran, ya harus dibuat perencaan dulu yang matang oleh pemerintah, ya harus ada kajian secara menyeluruh agar semuanya berjalan baik,” katanya.

Mustofa meminta, masyarakat Desa Cikalahang untuk bersabar karena dewan sendiri tengah melakukan komunikasi dengan pemerintah. (ari)

Sumber: