300 Calon Haji Belum Peroleh Visa

300 Calon Haji Belum Peroleh Visa

Kloter Pertama Calhaj Dilepas, Bupati Ingatkan Jaga Kesehatan

SUMBER – Sedikitnya 300 calon jamaah haji (calhaj) asal Kabupaten Cirebon belum memperoleh visa.
\"bupati
Bupati Sunjaya lepas jamaah haji. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon

Hal itu diakui Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cirebon, Drs H Imron Rosadi MAg kepada wartawan usai melepas kloter pertama jamaah haji asal Kabupaten Cirebon, Kamis (18/7), di Asrama Haji Watubelah Kecamatan Sumber.

Dijelaskan Imron, visa milik calon jamaah haji yang belum selesai kebanyakan adalah jamaah yang berangkat pada kloter akhir.

Namun, Imron memastikan untuk klompok terbang (kloter) awal sudah tidak ada lagi permasalahan.

“Dari lima kloter, kloter pertama sudah beres secara keseluruhan administrasinya. Sementara, kloter selanjutnya sampai kloter terakhir proses administrasi masih berjalan. Setidaknya, masih ada 300 visa calon jamaah haji yang belum selesai,” paparnya.

Ditambahkan Imron, semua persiapan seperti administrasi calon jamaah haji berjalan lancar tanpa hambatan.

Pemberangkatan pada kloter pertama ini, ungkap Imron, berjumlah 450 calon jamaah haji plus pembimbing.

“Ada 10 mobil bus yang mengangkut rombongan  calon jamaah haji kloter pertama ini,” ujar Imron.

Dia mengungkapkan, secara keseluruhan calon jamaah haji asal Kabupaten Cirebon sebanyak 1879 orang. Keberangkatan para calon jamaah haji ini dibagi menjadi lima kloter.

“Berdasarkan jadwal dari Kementerian Agama Kabupaten Cirebon, keberangkatan jamaah haji dimulai pada tanggal 18 Agustus, 21 Agustus, 25 Agutus, 28 Agustus dan 30 Agustus 2016 mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Cirebon Drs H Sunjaya Purwadisastra MM MSi menuturkan, persiapan keberangkatan calon jamaah haji tahun ini sangat mantap.

Bahkan, pihaknya merasa bangga karena persiapan yang dilakukan Kemenag melakukan pembinaan sangat baik dan tidak menemui kendala.

“Pemerintah daerah hanya bisa mengimbau kepada calon jamaah haji yang sudah berangkat  untuk bisa menjaga kesehatannya ketika di tanah suci. Sehingga ibadah haji mereka bisa khusuk dan khidmat,” ujar bupati singkat.

Sunjaya berharap, usai melaksanakan ibadah haji para jamaah haji bisa kembali ke tanah air dengan selamat. (yog)

Sumber: