Perusahaan Diminta Pekerjakan Warga Lokal

Perusahaan Diminta Pekerjakan Warga Lokal

Wilayah Jatiwangi Bakal Menjadi Pusat Industri 

JATIWANGI - Bupati Majalengka, H Sutrisno berharap agar sumber daya manusia (SDM) yang akan mengisi 12 ribu tenaga kerja diharapkan menyerap tenaga pekerja Majalengka.
\"bupati
Bupati Majalengka Sutrisno (pakaian pramuka). Foto: Herik/Rakyat Cirebon

Hal ini Sutrisno diungkapkannya saat meresmikan salah satu pabrik elektronik di wilayah desa Sukaraja Wetan Kecamatan Jatiwangi, Rabu (10/8).

Ia berharap, agar manajemen pabrik yang berada di pinggir jalan alternatif menuju Kecamatan Sukahaji ini lebih selektif untuk mempekerjakan karyawan dan diutamakan harus warga Majalengka.

\"Diharapkan agar para pekerja yang masuk ke pabrik elektronik ini warga dan ber-KTP Majalengka. Orang luar mohon agar dipending dulu, pokoknya harus mengutamakan warga pribumi,\" ujarnya.

Sutrisno mengungkapkan, dengan pesatnya pertumbuhan perusahaan di wilayah Kecamatan Jatiwangi dan sekitarnya, pemilihan lokasi di Sukaraja Wetan adalah pilihan yang tepat.

Alasannya, wilayah Jatiwangi memang akan menjadi pusat industri disamping Kecamatan Dawuan dan Sumberjaya.

\"Pabrik perangkat elektronik adalah salah satunya, akan menyusul pabrik lainnya yang kini mulai didirikan dan dibangun. Diharapkan agar warga Majalengka yang masih muda dapat mengisi kekosongan karyawan,\" jelasnya.

Selaku bupati Majalengka, Sutrisno meminta masyarakat di sekitar pabrik agar juga mengubah cara pikirnya, untuk menghadapi  kemajuan pesatnya perekonomian di wilayah Cibentar dan Sukaraja. Dengan kehadiran pabrik elektronik ini secara bertahap namun pasti akan memunculkan usah-usaha baru di sekitarnya.

\"Tujuannya akan mampu mempercepat peningkatan kesejahteraan usaha padat karya akan menerima banyak pekerjaan. Selain itu, para orangtua bisa memanfaatkannya untuk melakukan usaha, karena secara langsung akan menumbuhkan usaha di sekitar pabrik,\" ujarnya.

Kepala Desa Sukaraja Wetan, Abdul Kohim ST yang akrab dipanggil Oing, mengatakan pihaknya sangat menyambut baik adanya pabrik yang berdiri di wilayah desanya.

Dengan catatan agar manajemen pabrik dapat mempekerjakan warga Sukaraja Wetan. Tujuannya adalah untuk mengurangi para pengangguran yang ada di wilayah Sukaraja dan Jatiwangi.

\"Tentunya sepanjang kriterianya memenuhi persaratan kerja, ya tolonglah diakomodir dulu warga Sukaraja Wetan. Sesuai dengan amanah pak bupati, bahwa harus mempekrjakan warga Majalengka lebih dulu, dalam hal ini warga Sukaraja diprioritaskan,\" imbuhnya.(hrd)

Sumber: