At Taqwa Sediakan Takjil dan Wakaf Alquran

At Taqwa Sediakan Takjil dan Wakaf Alquran

KEJAKSAN – Selama Ramadan, Masjid Raya Attaqwa bagi-bagi takjil untuk para jamaahnya. Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris II Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Raya Attaqwa H. Syaeful Badar, MA saat ditemui Rakcer di Kota Cirebon, kemarin.
\"stand
Stand Masjid Raya at Atqwa. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon

“Selama Ramadan, Masjid Raya Attaqwa menyiapkan takjil sebanyak 500 bungkus tiap hari. Itu berupa nasi bungkus dan makanan pembuka seperti kurma dan air minum. Kemudian ada menu teh jahe itu rutin setiap buka puasa,” katanya.

Takjil akan diberikan secara langsung untuk para jamaah yang mengikuti kegiatan pengajian sore jelang bukan puasa di masjid kebanggaan masyarakat Kota Cirebon itu.

Kegiatan pembagian takjil disediakan oleh pengusrus DKM, meski begitu, pengurus juga menerima donasi takjil dari masyarakat.

“Untuk takjil itu kita berikan pada jamaah yang secara langsung berada di Attaqwa yang mengikuti kegiatan kultum sore. Selama belum ada donatur yang megirimkan takjil itu semua disiapkan oleh Masjid Attaqwa. Kalau ada donatur yang ingin memberikan takjil itu kordinasi dulu dengan Masjid Attaqwa, kita secara rutin setiap maghrib menyiapkan 500 nasi bungkus,” paparnya.

Selain itu, Badar menjelaskan di tahun ini Masjid Attaqwa juga akan menyiarkan secara langsung kajian Ramadan melalui Radio Maritim yang mengudara jelang bukan puasa tiap harinya.

Yang unik, kata Badar, penceramah yang akan mengisi kajian Ramadan dihadirkan dari berbagai kalangan, bukan hanya ustadz.

“Kemudian tiap sore juga ada kegiatan kultum Ramadan, untuk tahun ini kita kerja sama dengan Radio Maritim disiarkan langsung dari Attaqwa. Penceramahpun kita hadirkan dari berabagi profesi, bukan hanya dari kalangan ustadz tapi juga ada pengusaha dan bahkan kita undang Dandim 0614 Cirebon,” ucapnya.

Kegiatan lain yang juga tidak ketinggalan dalam momen Ramadan di Masjid Raya Attaqwa adalah program wakaf. Di tahun ini, pengurus DKM menerima wakaf Alquran yang dimuat dalam program wakaf 100 Alquran.

“Setiap Ramadan kita membuka wakaf bagi yang mau memberikan Alquran kepada Attaqwa kita buka, kemudian kegiatan penerimaah zakat juga ada di mulai hari ini juga kita buka. Untuk penunjang acara sendiri kita juga ada kajian Islam intensif untuk pelajar SD, SMP, SMA yah. Ada kegiatan seminar dan lomba-lomba, kegiatan Ramadan kita setting lebih banyak dari pada luar Ramadan,” tegasnya. (wan/mgg)

Sumber: