32 Dai Ikuti Lomba Dai Kamtibmas

32 Dai Ikuti Lomba Dai Kamtibmas

Ajang silaturahmi dan Menjaga Kondusifitas, Rebutkan Piala Kapolres

KUNINGAN - Polres Kuningan memiliki cara unik dalam menciptakan suasana keamanan yang kondusif, yakni dengan menggelar Lomba Dai keamanan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) se-Kabupaten Kuningan yang digelar di Mapolres Kuningan, kemarin.
\"lomba
Lomba dai Kamtibmas. Foto: Aleh/Rakyat Cirebon

Lomba tak hanya sekedar program seremonial melainkan sebagai ajang mengukur kemampuan Polri dan masyarakat umum dalam menghimbau warga untuk tetap tertib menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing.

Sedikitnya ada 32 Dai yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap Kecamatan di wilayah Kuningan, yang akan berlomba untuk memperebutkan piala bergilir dari Kapolres Kuningan.

Kapolres Kuningan, AKBP M Syahdudi menjelaskan, untuk menjaga situasi kondusifitas di wilayah Kuningan, dibutuhkan peran serta masyarakat dan Polri untuk pengamanan.

\"Sangat dibutuhkan peran serta Polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom. Digelarnya lomba dai Kamtibmas ini, bertujuan untuk melihat kemampuan mereka dalam menyampaikan himbauan kepada masyarakat,\" katanya.

Menurut Kapolres, dengan melalui jalur dakwah, maka masyarakat lebih cepat menerima himbauan.
Sehingga, diharapkan output dari lomba ini dapat menjadi teladan dalam memberikan himbauan kepada masyarakat akan pentingnya ketertiban dan keamanan.

\"Dengan jalur dakwah, kita beri pemahaman kepada masyarakat agar tidak mudah untuk dihasut untuk membuat tindakan yang melawan hukum. Himbauan keamanan ini sangat penting,\" tambahnya lagi.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Kuningan AKP Suriadi menuturkan, maksud dan tujuannya Lomba da\'i kamtibmas sebagai salah satu pembinaan terhadap masyakat dalam mendukung polri mewujudkan kamtibmas di wilayah Kuningan.

Lomba ini diikuti sebanyak 32 peserta yang merupakan perwakilan dari Kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan.

\"Yang ikut dalam perlombaan ini merupakan Dai Kamtibmas Polres Kuningan, mereka diberik waktu 15 menit untuk menyampaikan tausyiahnya yang dinilai langsung oleh juri, banyaknya masyarakat umum yang mengikuti lomba dai kamtibmas ini, maka semakin mempermudah polisi dalam mensosialisasikan kamtibmas,\" terangnya. (ale)

Sumber: