Kritik dari Masyarakat untuk Evaluasi

Kritik dari Masyarakat untuk Evaluasi

Polres Helat Ekspo, Pamerkan Ragam Persenjataan dari Kesatuan

PLERED – Kepolisian Resor Cirebon menggelar Cirebon Police Expo 2016, Jumat (27/5), di Cirebon Square Kecamatan Plered.
\"Police
Police Expo. Foto: Yoga/Rakyat Cirebon

Acara yang dijadwalkan berlangsung hingga Minggu (29/5) ini memamerkan berbagai kegiatan dan juga satuan yang ada di bawah Polres Cirebon.

Pantauan wartawan koran ini, pembukaan ekspo ini dilakukan langsung oleh Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Jodie Rooseto yang diwakili Dirpolair Polda Jabar, Kombes Pol Suwarto didampingi Bupati Cirebon Drs H Sunjaya Purwadisastra MM MSi dan juga Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto SIK MHum.

Bukan hanya itu saja, nampak pula beberapa petinggi kesatuan di wilayah Kabupaten Cirebon seperti Dandenpom III/Cirebon, Letkol CPM Yudo Pramono SE.

Dalam ekspo itu, semua satuan menunjukkan beberapa peralatan yang berkaitan dan diperuntukkan untuk umum. Masyarakat yang ingin melihat atau berkunjung tidak dipungut biaya.

Bahkan, bagi masyarakat yang bersedia untuk mendonorkan darahnya, ada bingkisan menarik yang sudah dipersiapkan untuk diberikan.

Kepada awak media, Kombes Suwarto mengatakan, kegiatan ekspo ini baru pertama kali dilaksanakan di jajaran Polda Jawa Barat. Dengan hal tersebut, Suwarto menegaskan, Polres Cirebon patut berbangga hati.

“Ini ekspo pertama kali di polres yang ada di wilayah Polda Jawa Barat. Saya di sini diutus oleh Pak Kapolda untuk membuka kegiatan ini. Kami sangat bangga karena Polres Cirebon berani melaksanakannya,” ujar Suwarto.

Ditambahkan Suwarto, dengan ekspo ini, Polres Cirebon telah membuktikan sebagai salah satu polres yang melaksanakan tupoksi secara benar.

Pasalnya, dalam ekspo ini, lanjutnya, masyarakat bisa menanyakan langsung mengenai semua kegiatan yang berhubungan dengan kepolisian khususnya di Polres Cirebon.

“Kalau memang polres melakukan tugas dengan tidak baik, maka saya yakin mereka juga takut untuk melaksanakannya. Tapi, dengan ekspo ini, masyarakat dipersilakan untuk bertanya langsung kepada anggota yang berjaga mengenai tupoksi dan tata cara saat berhadapan dengan anggota. Polda Jabar tentunya mengapresiasi langkah ini,” tambahnya.

Suwarto berharap, apapun masukan dan juga kritik yang diberikan oleh masyarakat kepada polres, harus diterima sebagai bahan evaluasi.

Dengan terbukanya ekspo ini, maka kesempatan bagi Polres Cirebon untuk menampung aspirasi masyarakat yang dilayani dan diayominya. “Apapun masukannya baik itu bagus atau jelek harus diterima,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Cirebon AKBP Sugeng Hariyanto SIK MHum mengatakan, pihaknya terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat.

Dalam ekspo ini, kata dia, semua satuan siap untuk melayani masyarakat yang ingin melihat-lihat ataupun bertanya mengenai tupoksi satuan.

“Semua satuan ada stan di sini. Kita buka sampai hari Minggu dan ekspo ini saya tegaskan terbuka untuk umum,” katanya singkat. (yog/sep/mgg)

Sumber: