PDIP Buka Pendaftaran Calon Wakil Bupati

PDIP Buka Pendaftaran Calon Wakil Bupati

Tiga Kader PDIP Ambil Formulir, Rapat Pleno Internal Dihadiri Aang 

KUNINGAN – DPC PDIP mulai disibukkan dengan agenda penjaringan calon wakil bupati.
Akhir pekan kemarin (21/5), jajaran pengurus DPC PDIP menggelar rapat pleno internal dengan mengundang DPD PDIP Jabar.
\"kantor
Kantor PDIP Kuningan. Foto: Mumuh/Rakyat Cirebon

Berdasarkan pantauan Rakcer, rapat internal DPC PDIP berlangsung tertutup di ruang rapat DPC. Setelah beberapa lama, rapat pleno pun selesai menjelang azan Magrib tiba.

Ketua DPC PDIP Rana Suparman SSos kepada wartawan usai rapat menjelaskan, rapat internal DPC PDIP tersebut hanya baru membahas tata cara penjaringan bakal calon wakil bupati oleh DPC PDIP.
Ia tidak menyebutkan secara terperinci apa-apa saja persyaratan yang harus dimiliki para calon kandidat wabup.

“Kita hanya baru menyampaikan tata cara penjaringan (calon wabup, red) di DPC. Jadi, ini untuk internal partai dulu,” jelasnya.

Ia melanjutkan, dalam rapat pleno tersebut, hanya dihadiri sejumlah pengurus inti DPC PDIP serta mengundang pula dari DPD PDIP Jabar yang diwakili Ketua Bappilu (Badan Pemenangan Pemilu) DPD PDIP Jabar H Aang Hamid Suganda SSos.

“Ini kan acara rapat pleno internal. DPC mengundang DPD, dan yang hadir dari DPD itu Pak Aang,” ujar Rana.

Ditanya apa saja poin yang disepakati dalam rapat pleno tersebut, Ketua DPRD yang disebut-sebut kandidat kuat calon wabup pendamping Bupati Acep ini menyebutkan, DPC akan membuka pendaftaran Calon wabup dengan mengedepankan kader internal PDIP.

Kendati dalam keterangannya terkesan bersifat normatif, Rana mengatakan, terdapat tahapan yang harus dilalui dari mulai mengambil formulir pendaftaran hingga mengembalikannya ke DPC dalam jangka waktu tertentu.

“Poinnya, 1 membuka (pendaftaran) untuk internal dengan mengedepankan kader partai. Lalu mengambil formulir, terus jangka waktunya, gitu aja. Kita hanya tata cara aja,” sebutnya.

Ketika didesak kapan dibukanya pendaftaran, Rana mengungkapkan hal tersebut akan dilakukan melalui rapat pleno berikutnya yang akan dilakukan nanti.

Rana pun memastikan kedepannya akan melibatkan elemen lain untuk pembahasan Calon Wabup mengingat PDIP tidak mungkin bisa bekerja sendiri tanpa melibatkan pihak lain.

“Dibukanya (pendaftaran calon wabup, red) ya nanti, kita akan rapat pleno lagi, sekarang belum ada pembukaan. Ini kan internal dulu, tahap selanjutnya kita libatkan semua. Kita internal diberesin dulu, seluruh elemen masyarakat akan diajak bicara. Yang jelas mana ada partai bisa berjalan sendiri, semua harus kerja sama dengan rakyat,” tandasnya.

Berbeda dengan yang disampaikan Rana, usai rapat, justru beredar kabar sejumlah kader partai sudah mengambil formulir pendaftaran calon wabup untuk diisi dan segera diserahkan ke DPC paling lambat Kamis pekan depan (26/5). Sayangnya, tidak ada yang bersedia dikonfirmasi terkait kebenaran informasi tersebut.

Dari nama-nama yang sudah mengambil formulir, salah satunya adalah Aang Hamid Suganda.

Kuat dugaan Aang mengambil formulir pendaftaran calon wabup untuk sang putra bungsunya Muhammad Ridho Suganda SH alias Edo. Selain Aang, 2 lainnya dikabarkan sudah mengambil formulir.

Mereka yakni Ketua PAC PDIP Kecamatan Pasawahan Udin Burhanudin yang dikenal cukup dekat dengan Wabup H Acep Purnama SH MH. Serta pula ada kader PDIP lainnya, yakni H Ade Petruk SH MBA MHum. (muh)

Sumber: