Trah Wiralodra Kecewa dengan Disdikbud

Trah Wiralodra Kecewa dengan Disdikbud

DATANGI . Pihak keluarga Trah Wiralodra saat mendatangi Pancaniti di Pendopo Indramayu untuk melihat senjata pusaka leluhurnya. Namun, senjata pusaka itu tidak bisa diakses keluarga Trah Wiralodra. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

INDRAMAYU, RAKYATCIREBON.ID-Keberadaan senjata pusaka Raden Bagus Aria Wiralodra hingga kini masih misteri. Bahkan pihak dari Trah Wiralodra belum mendapat akses untuk melihatnya.

Salah satu upaya yang dilakukan Trah Wiralodra adalah mendatangi  Pancaniti di Pendopo Indramayu, Rabu (16/11). 

Hal ini menindaklanjuti kesepakatan yang sebelumnya dibuat dalam rapat dengar pendapat (RDP) terkait peminjaman benda pusaka dari Trah Wiralodra oleh pemerintah daerah pada Jumat (11/11) lalu.

Seperti diketahui, kesimpulan dalam RDP itu diantaranya akan dilakukan pengecekan langsung keberadaan senjata pusaka yang dipinjam. Langkah ini untuk memastikan keberadaannya masih utuh dan terawat dengan baik. 

BACA JUGA:Satgas Kontingen Bidik Posisi 15 Besar

Tidak hanya itu, pengecekannya akan difasilitasi oleh Juru Pelihara (Jupel) bersama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indramayu.

Sementara itu, saat pihak keluarga Trah Wiralodra tiba di  tidak terlihat perwakilan Disdikbud yang datang untuk memfasilitasi.

Terhadap hal tersebut, Raden Inu Danubaya yang merupakan keturunan Wiralodra Ke-XII sekaligus pewaris keturunan mengaku kecewa atas tidak hadirnya pihak Disdikbud yang berjanji akan memfasilitasi pengecekan.

Ketika itu, meski sudah datang ke lokasi tapi tetap tidak bisa melihat secara langsung keberadaan senjata pusaka milik leluhurnya. 

BACA JUGA:Porprov Perdana, Persani Raih 2 Perunggu

"Ini ada apa? Kenapa keluarga tidak bisa mengakses pusaka milik leluhur kami?," ucap Inu bertanya-tanya.

Menurutnya, pihak keluarga sudah sangat lama tidak bisa mengakses senjata pusaka milik leluhurnya tersebut. Terhitung sudah sekitar 21 tahun senjata pusaka itu tidak bisa diakses keluarga Trah Wiralodra.

"Kami juga mempertanyakan kemana Disdikbud yang hari ini tidak hadir dan tidak juga memberikan konfirmasi apa-apa?," kesalnya lagi.

Berdasarkan informasi dari jupel, senjata pusaka Wiralodra yang ingin dilihat keluarga ada disimpan dan dirawat dengan baik. Namun Jupel tidak bisa memperlihatkan senjata pusaka itu karena kondisi kesehatannya yang kurang baik.

Sumber: