DPRD Ekspose Capaian Kinerja 2022

DPRD Ekspose Capaian Kinerja 2022

Ketua DPRD, Ruri Tri Lesmana menyampaikan laporan capaian kinerja DPRD tahun 2022 dihadapan jajaran Forkopimda.--

KEJAKSAN - Secara terbuka, DPRD Kota Cirebon menyampaikan laporan dan mengekspose capaian hasil kinerja lembaganya, yang sudah dilaksanakan pada tahun 2022.

Laporan tersebut disampaikan langsung pada forum rapat dengar pendapat (RDP) antara Pimpinan dan anggota DPRD, dengan Pemerintah Daerah Kota Cirebon serta seluruh jajaran Forkopimda.

Dalam forum RDP kemarin, capaian hasil kinerja dilaporkan langsung oleh Ketua DPRD, dengan maksud untuk bersama-sama dievaluasi sehingga menjadi bahan perbaikan untuk tahun 2023 mendatang.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Ruri Tri Lesmana menyampaikan, pada forum RDP kemarin, pihaknya ingin mengukur tingkat keberhasilan dan kinerja DPRD dari kacamata eksternal.

BACA JUGA:DPRD Gelar RDP Dengan Pemkot dan Forkopimda

"Memasuki akhir tahun 2022 kegiatan-kegiatan yang telah disusun dan direncanakan pada tahun sebelumnya telah selesai dilaksanakan, dan untuk mengukur tingkat keberhasilan, perlu adanya evaluasi untuk mengetahui hambatan atau rintangan yang akan dijadikan perbaikan ditahun yang akan datang," ungkap Ruri.

Melihat dari laporan pelaksanaan kegiatan, lanjut Ruri, secara keseluruhan, kinerja dari Alat Kelengkapan Dewan DPRD Kota Cirebon mencapai 90 persen lebih, terutama pada Badan Musyawarah, Badan Anggaran dan Komisi-Komisi yang mencapai 100 persen sesuai dengan yang direncanakan.

Dari sisi produk Keputusan DPRD, selama 2022, sudah lahir 43 Keputusan DPRD, 11 Keputusan Pimpinan DPRD, 105 Nota Persetujuan DPRD.

Dari kegiatan persidangan, sudah dilaksanakan 254 Kegiatan Persidangan, yang terdiri dari 25 agenda Rapat Paripurna, 15 agenda Rapat Badan Musyawarah, 160 agenda Rapat-rapat Komisi, 20 agenda Rapat Pimpinan, 25 agenda Hearing dan Audiensi, 3 agenda Rapat Badan Kehormatan DPRD, 3 agenda Rapat-rapat Fraksi dan 3 agenda Reses anggota DPRD.

BACA JUGA:Pekerja Pertamina Lindungi Pantai dengan Memungut Sampah

Dari capaian hasil reses anggota DPRD selama tiga kali, menghasilkan 117 Aspirasi dari Daerah pemilihan I, 147 Aspirasi dari Daerah pemilihan II dan 296 Aspirasi dari Daerah Pemilihan III.

Dari capaian kinerja pada Fungsi Anggaran dan Fungsi Pengawasan mencapai 100 persen, serta dari capaian Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) 2022, terdapat 24 target, dengan lebih terperinci, 10 Raperda telah disetujui, 6 Raperda sedang dalam proses menuju persetujuan dan 8 Raperda belum selesai dibahas. (sep)

Sumber: