Golkar Optimis, Jagoannya Bisa Bersaing

Selasa 23-07-2024,14:59 WIB
Reporter : Zezen Zaenudin Ali
Editor : Khairul Anwar

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Golkar tetap optimis, jagoannya bisa bersaing dengan figur lain dalam bursa Pilkada tahun ini. Itu disampaikan Sekretaris DPD Golkar Kabupaten Cirebon, Anton Maulana ST MM, ketika dihubungi Rakyat Cirebon, Senin 22 Juli 2024.

Adapun terkait popularitas dan elektabilitas Teguh yang masih kecil berdasarkan hasil survei tim Pemilu Rakyat, pihaknya tidak mempersoalkannya. Karena sejauh ini Golkar belum memanaskan mesin partai.

Popularitas Teguh Rusiana Merdeka diangka 3,22 persen. Berada diurutan kelima, setelah Imron, Yoga, Luthfi dan Wahyu Tjiptaningsih. Elektabilitasnya pun diurutan kelima, dengan perolehan angka 0,63 persen.

"Kan kita masih menunggu rekomendasi pasti. Sejauh ini baru proses surat tugas," kata Anton Maulana.

Terkait rekomendasi, dimungkinkan akhir bulan Juli atau awal Agustus nanti keluar. Setelah kepastian itu diketahui, mesin partai langsung bergerak. Melakukan sosialisasi demi memenangkan figur yang dijagokan.

"Ya itu (sosialisasi,red) sejauh ini belum. Karena prosesnya masih terus berlanjut. Tapi hari ini sudah mengerucut. Setelah pasti, kita akan sosialisasikan ke pengurus dan organisasi dibawah naungan Golkar," katanya.

Partainya, masih optimis bisa meraih kepercayaan publik. Terlebih ketika sudah memunculkan figur. Sehingga, kandidat yang selama ini sudah digaungkan, bisa dipertahankan untuk diusung bersama koalisi.

"Golkar masih percaya diri untuk mengusung kader sendiri. Sekarang belum maksimal, nanti kalau sudah pasti semua unsur langsung bergerak," katanya.

Sebagai informasi, figur yang selama ini digaungkan partai beringin bersifat tunggal. Tak ada nama lain, selain Teguh Rusiana Merdeka. Tapi dari partai koalisinya, ada nama Hj Wahyu Tjiptaningsih atau Ayu dan HM Luthfi MSi yang sudah mendaftar sebagai Cabup Cirebon di Gerindra.

Hasilnya pun cukup baik. Meskipun masih dikalahkan oleh figur dari PDIP. Sebut saja, seperti Drs H Imron MAg dan Yoga Setiawan. Keduanya, menempati posisi teratas dari hasil survei yang dilakukan di Dapil I, kemarin.

"Yang lain sudah melakukan sosialisasi. Memasang gambar dimana-mana. Mesin partainya mulai gerak. Sementara kita masih nunggu arahan partai. Tapi nanti, setelah pasti, kita pun melakukan hal serupa. Bergerak massif memenangkan Teguh," tukasnya.

Sebagai informasi, popularitas mantan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg, tetap tak tertandingi dalam bursa calon kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Kabupaten Cirebon. Itu berdasarkan hasil survei kedua tim Pemilu Rakyat yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Cirebon, Jumat, 19 Juli 2024.

Survei kedua ini, difokuskan di daerah pemilihan (Dapil) I Kabupaten Cirebon yang meliputi Kecamatan Sumber, Dukupuntang, Plumbon, Weru, dan Plered. Dalam survei tersebut, popularitas Kang Imron--sapaan untuknya, mencapai 25,16 persen, meninggalkan jauh para pesaingnya.

Sementara, Hj Wahyu Tjiptaningsih SE MSi atau Ayu yang digadang-gadang bakal menjadi pesaing berat Kang Imron, justru terlempar ke urutan keempat. Ayu berada di bawah Yoga Setiawan dan HM Luthfi MSi yang masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Padahal, Dapil I sebagai barometernya. Dimana pusat ibu kota Kabupaten Cirebon ada di wilayah tersebut. Mestinya, posisi Ayu lebih diuntungkan. Karena rumah dinas (rumdin) nya, semasa menjabat sebagai Wakil Bupati Cirebon, ada di pusat ibu kota.

Hasil ini, mengukuhkan posisi Kang Imron sebagai calon kuat dalam Pilkada Kabupaten Cirebon yang akan datang. Popularitasnya yang tinggi menjadi modal penting dalam kontestasi politik. Sementara para pesaingnya harus bekerja lebih keras untuk mengejar ketertinggalan. (zen)

Kategori :