Nobatkan Kaduela 50 Desa Wisata Terbaik, Sandiaga Uno Minta Kuningan Bentuk 18 Desa Wisata

Rabu 24-07-2024,11:52 WIB
Reporter : Iim Abdurahim
Editor : Iim Abdurahim

RAKCER.DISWAY, KUNINGAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno umumkan 50 besar desa wisata terbaik dalam kontestasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024. 

 

Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan masuk ke dalam daftar 50 desa wisata terbaik yang diumumkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno tersebut.

 

Sejumlah penghargaan juga diserahkan Menparekraf kepada BUMDes Arya Kamuning, yang berhasil membawa nama Desa Kaduela dikenal luas melalui pengembangan sektor pariwisata Talaga Biru Cicerem dan wisata Sideland.

BACA JUGA:Atlet Catur Kuningan Raih Prestasi di Porsenitas XI, Camat Ciwaru Sumbang Perak

Kedatangan menteri sekaligus tokoh nasional ini mendapat sambutan ribuan warga di Talaga Biru Cicerem. Meski tiba selepas salat maghrib, masyarakat Kaduela yang menanti sejak selasa sore sangat antusias untuk melihat langsung Sandiaga Uno dan berburu foto Bersama.

 

Sosok yang akrab disapa Mas Menteri beserta staf Kemenparekraf, menyerahkan piagam penghargaan dan plakat kepada Direktur BUMDes Arya Kamuning, Iim Ibrahim.

 

Selain itu, tim juri ADWI 2024 menyerahkan penghargaan dan bantuan dukungan penyediaan sarana pariwisata serta bantuan dukungan pendampingan desa wisata.

 

Penetapan Kaduela sebagai 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2024 diukir dalam sebuah prasasti. Kemenparekraf gencar menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di 845 desa wisata se Jawa Barat.

 

Belakangan ini promosi wisata Jawa Barat gencar dilakukan pihak kementerian ke mancanegara, seperti ke Malaysia, Singapura dan Thailand.

BACA JUGA:Erik ten Hag Rujuk dengan Jadon Sancho, Tapi Tetap Dijual! 

Sandiaga Uno optimis kunjungan wisatawan akan terus bertambah di Jawa Barat. Dia berharap pemerintah dan pengelola wisata    bersama-sama mengakselerasi 3A berupa atraksi, aksesibilitas, dan amenitas.

 

“Apalagi kawasan Ciayumajakuningan memiliki aksesibilitas bandara internasional Kertajati. Kota kuda juga memiliki potensi untuk menghadirkan desa wisata yang lebih banyak. Saya menargetkan 18 desa wisata dapat dihadirkan Bupati Kuningan dalam waktu dekat,” ujarnya.

 

Penganugerahan gelar 50 besar ADWI 2024 dihadiri Pj Bupati Kuningan, Forkopimda Kuningan, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, Benny Bachtiar. *

Kategori :