7 Penyebab Berat Badan Tak Turun Meski Sudah Berusaha Diet yang Harus kamu Tahu!

Selasa 24-09-2024,20:48 WIB
Reporter : Kafit Mustofa
Editor : Kafit Mustofa

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID -Bagi banyak orang, menurunkan berat badan adalah perjalanan yang penuh tantangan. kamu mungkin sudah menjalani berbagai program diet, berolahraga secara teratur, tetapi hasil yang diharapkan tetap tidak terlihat.

Kenapa hal ini bisa terjadi? Berikut adalah tujuh penyebab umum mengapa berat badan kamu tidak turun meski sudah berusaha diet.

1. Metabolisme yang Melambat

Salah satu faktor utama yang memengaruhi penurunan berat badan adalah metabolisme. Ketika kamu mengurangi kalori secara drastis, tubuh bisa merespons dengan memperlambat laju metabolisme untuk menghemat energi.

Ini membuat pembakaran kalori menjadi lebih lambat, sehingga meskipun kamu mengurangi asupan makanan, berat badan mungkin tidak turun. Solusinya adalah memastikan bahwa diet kamu tetap seimbang dan tidak terlalu ekstrem.

2. Tidak Menghitung Kalori dengan Tepat

Banyak orang berpikir mereka sudah mengurangi kalori, tetapi sebenarnya masih mengonsumsi lebih banyak dari yang mereka kira.

Ini bisa terjadi karena makanan sehat, seperti kacang-kacangan atau alpukat, meskipun sehat, juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Penting untuk menghitung kalori dengan cermat dan menyadari porsi yang kamu konsumsi, bahkan untuk makanan yang dianggap sehat.

3. Stres dan Hormon

Stres dapat memengaruhi berat badan kamu dengan cara yang tidak terduga. Ketika stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan dan mengubah cara tubuh menyimpan lemak.

Jika kamu merasa stres, coba cari cara untuk mengelolanya, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas yang kamu nikmati. Mengurangi stres dapat membantu menormalkan hormon dan memudahkan penurunan berat badan.

4. Kualitas Tidur yang Buruk

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting dalam proses penurunan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat memengaruhi hormon yang mengatur rasa lapar, sehingga kamu lebih cenderung merasa lapar dan mengonsumsi kalori lebih banyak.

Usahakan untuk mendapatkan 7-9 jam tidur yang berkualitas setiap malam agar proses metabolisme dan penurunan berat badan berjalan optimal.

5. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kategori :