Blusukan ke Wanacala, CaWalkot Effendi Edo Janji Mudahkan Permodalan UMKM Jika Terpilih Nanti

Sabtu 19-10-2024,08:51 WIB
Reporter : Indah Tri Sutono
Editor : Indah Tri Sutono

CIREBON, RAKYATCIREBON.DISWAY.ID - Warga wanacala RW 08, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon berharap ke paslon nomor urut 3, Effendi Edo-Siti Farida dapat memberikan perubahan, terutama nasib pelaku UMKM dan pemberdayaan anak muda di wilayah tersebut. 

"Ya, kami ingin ada bantuan dari pemerintah untuk pelaku UMKM," ungkap satu warga ke kepada  Cawalkot Effendi Edo saat blusukan, kemarin.

Selain itu, warga juga berharap ada pembinaan untuk anak muda, agar keahlian yang mereka miliki bisa ditingkatkan dan disalurkan ke hal yang positif, lebih jauhnya bisa disalurkan ke perusahaan yang ada di sekitar Wanacala.

Warga yakin meski tidak memiliki soft skill namun anak muda masih memiliki hard skill. 

"Saya yakin anak muda punya kemampuan dalam bidang tertentu, tinggal dikembangkan kemudian masuk ke dunia kerja," ungkap Sekretaris RW 08 Wanacala, Ato. 

Merespon hal tersebut, Calon Walikota Cirebon, Effendi Edo berjanji akan memprioritaskan pelaku UMKM dan pengembangannya.

Diakui  Cawalkot Effendi Edo, UMKM adalah penggerak ekonomi kerakyatan di Indonesia, sehingga pembinaan dan pendampingan perlu dilakukan agar mereka bisa mengembangkan usahanya. 

"Dilihat dulu kondisi pelaku UMKM kemudian pemerintah melakukan pendampingan," jelas Edo. 

Selain pendampingan,  Cawalkot Effendi Edo juga melihat, para pelaku UMKM ini perlu difasilitasi permodalan, dan ia pun berjanji akan memberikan kemudahan kredit dengan bunga yang ringan bagi pelaku UMKM di Kota Cirebon. 

Sedangkan terkait pembinaan anak muda, Edo sepakat dengan yang disampaikan sekretaris RW, bahwa perusahaan wajib memberdayakan masyarakat sekitar sebelum merekrut tenaga kerja lain. 

"Nanti pemerintah akan memfasilitasi ketika ada perusahaan akan berdiri maka tenaga kerjanya sebagian besar warga setempat," tegas Edo.

Kategori :