Salma Lestari, Cirebon Banyak Cerita

Selasa 11-07-2017,23:00 WIB

NGOBROL tentang Cirebon seperti tidak ada habisnya. Ada saja topik menarik yang renyah untuk dibincangkan baik dalam forum resmi maupun hanya sebatas  obrolan sambil nongkrong ala anak muda. Yah, bagi Salma Lestari, Cirebon punya segudang cerita yang tak bosan untuk dibagi.
Salma Lestari. Foto: Suwandi/Rakyat Cirebon
Perempuan yang juga pegiat komunitas yang kini menjabat  ketua Cirebon Creative Community itu menjelaskan, kisah tentang Cirebon tak habis hanya sebatas hikayat Sunan Gunung Jati atau sejarah berdirinya keraton-keraton. Hal-hal yang lebih kecil lainnya pun tetap menarik menjadi topik obrolan.

“Cirebon tuh kota banyak cerita. Mulai dari sejarah sampai keseniannya banyak banget. Belum lagi masyarakatnya yang multikultur. Selain punya daya tarik wisata seperti keraton dan lain-lain, ternyata Cirebon juga punya banyak potensi lain yang mungkin belum banyak orang tau,”  ungkap Salma mengawali obrolan.

Salma mencontohkan, kebiasaan masyarakat Benda Kerep yang masing menjunjung tinggi adat dan budaya Islam warisan leluhur yang kental dan masih terjaga hingga kini. “Kalau di Banten ada suku Baduy, ternyata di Cirebon juga ada wilayah yang masyarakatnya masih menjunjung tinggi adat leluhur kaya di daerah Benda Kerep itu loh,” terangnya.

Selain itu, banyak situs-situs sejarah Cirebon yang belum tergali secara maksimal. Padahal, tutur Salma, selain makam  Sunan Gunung Jati yang fenomenal, di Cirebon juga terdapat tempat keramat lainnya yang menarik untuk diteliti sebagai salah satu riset sejarah.

“Nah, kalau anak-anak muda cirebon atau komunitas bisa bareng – bareng ngebangun Cirebon jadi ikon Jawa Barat bakal lebih keren lagi deh kayaknya. Ya, semoga ajah ke depannya Kota Cirebon ini makin banyak dikunjungin orang dari daerah lain atau bahkan mancanegara,” harapnya. (wan)
Tags :
Kategori :

Terkait