Posyandu Jerman Ambisi Juara di Kabupaten Indramayu

Posyandu Jerman Ambisi Juara di  Kabupaten Indramayu

AKTIF. Kader Posyandu Jerman 3 Desa Jayalaksana, Kecamatan Kedokanbunder memberikan vitamin kepada anak. Keberadaan Posyandu Jerman 3 sebagai penunjang peningkatan sektor kesehatan. FOTO: TARDIARTO AZZA/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU-Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Jeruk Manis (Jerman) 3 Desa Jayalaksana, Kecamatan Kedokanbunder menyatakan siap menjadi posyandu terbaik di Kota Mangga.

Terlebih lagi, keberadaan layanan sektor kesehatan ini sangat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan keterlibatan berbagai pihak.

Beragam program yang diterapkan di posyandu tersebut tidak terlepas dari andilnya Pemerintah Kecamatan Kedokanbunder dan desa setempat.

Sehingga Posyandu Jerman 3 siap menjadi yang terbaik dalam lomba posyandu tingkat Kabupaten Indramayu tahun 2022.

Kesiapan tersebut disampaikan Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi. Menurutnya, untuk tahun ini Posyandu Jerman 3 mewakili Kecamatan Kedokanbunder untuk mengikuti lomba posyandu tingkat Kabupaten Indramayu.

“Dengan berbagai hal yang dimiliki dan dilakukan siap menjadi yang terbaik dari posyandu lainnya,” ujar Atang, Senin (30/5).

Dikatakannya, masyarakat Desa Jayalaksana sangat antusias dalam memanfaatkan Posyandu Jerman 3 sebagai tempat untuk memeriksakan kesehatan, baik untuk balita maupun ibu hamil.

Apalagi, kata dia, selama ini didukung dengan keaktifan bidan desa dalam memberikan layanan di posyandu.

Masih menurut Atang, semua pihak ikut berperan dalam membangun posyandu. Mulai dari kecamatan, desa, PKK, kader, hingga lainnya. Sehingga pihaknya berharap, melalui posyandu dapat tercipta generasi yang sehat dan unggul.

"Komitmen dari semua pihak menjadikan Posyandu Jeruk Manis 3 terus berkembang dan menjadi tempat yang menyenangkan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan. Kini bukan hanya untuk pemeriksaan kehamilan dan balita, tapi juga dijadikan tempat sosialisasi," ujarnya.

Terpisah, Kuwu Jayalaksana, Warno mengatakan, saat ini Posyandu Jerman 3 fokus memberikan layanan kepada ibu hamil sebanyak 13 orang, ibu bersalin sebanyak 12 orang, neonatus sebanyak 14 orang, bayi sebanyak 10 orang, dan balita sebanyak 46 orang. Sementara cakupan layanannya sebanyak 858 orang.

"Kami berkomitmen untuk menjadikan Posyandu ini sebagai tempat untuk menciptakan generasi yang sehat dan unggul melalui layanan kesehatan sejak dini," kata dia.

Menurut Warno, di Desa Jayalaksana, pemanfaatan layanan posyandu bukan hanya di satu tempat.

Pihaknya terus memaksimalkan semua posyandu yang ada di berbagai blok di dosanya agar bisa memberikan layanan secara optimal.

"Keterlibatan PKK, bidan desa, dan kader menjadikan kami terus optimis bahwa posyandu menjadi tempat yang menyenangkan," ungkapnya.

Sementara itu, Kecamatan Kedokanbunder semakin menunjukkan peningkatan di berbagai bidang pembangunan. Beragam prestasi dan inovasi telah dilakukan, baik pada pemerintahan desa, pembangunan, perekonomian, pariwisata, teknologi digital, bahkan sampai penemuan teknologi pengoperasian traktor menggunakan remote control. (tar)

Sumber: