Ridwan Kamil Sebut Jasad Eril Masih Utuh dan Sewangi Daun Eucalyptus

Ridwan Kamil Sebut Jasad Eril Masih Utuh dan Sewangi Daun Eucalyptus

Wangi Daun Eucalyptus yang disebut Ridwan Kamil di jasad Eril--

RAKYATCIREBON.ID, – JASAD Emmeril Khan Mumtadz sudah ditemukan di sungai Aare, Bern, Swiss, setelah 14 hari hilang terbawa arus sungai tersebut.

Ayah kandungnya, Ridwan Kamil yang menjemput jasad tersebut ke Swiss mengaku, jasadnya masih utuh dan wangi, sewangi daun Eucalyptus.

Seperti apa Daun Eucalyptus?

Eucalyptus adalah pohon yang banyak digunakan dan mengandung khasiat obatnya. Meskipun asli Australia, pohon populer ini sekarang tumbuh di banyak wilayah di dunia.

Pohon ini memiliki kulit kayu yang mengandung getah, batang panjang, dan daun melingkar yang sulit dicerna jika dimakan utuh. Namun, daun ini bisa dibuat menjadi teh yang aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, daunnya dapat dibuat menjadi minyak esensial untuk penggunaan topikal atau inhalasi. Berikut adalah 7 manfaat daun Eucalyptus, seperti dikutip dari Healthline.

 

1. TINGGI ANTIOKSIDAN

Meskipun Anda tidak bisa makan daun eukaliptus segar yang utuh, daun kering dapat dibuat menjadi teh. Hati-hati jangan sampai salah mengira teh ini sebagai minyak kayu putih, yang bisa menjadi racun jika dikonsumsi. Pilih teh yang berlabel “Eucalyptus”, dan jangan menambahkan minyak esensial kayu putih ke dalam teh Anda.

Daun Eucalyptus adalah sumber antioksidan, terutama flavonoid, yang melindungi tubuh Anda dari stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas.

Flavonoid utama dalam Eucalyptus termasuk katekin, isorhamnetin, luteolin, kaempferol, phloretin, dan quercetin. Diet kaya senyawa ini dapat melindungi terhadap kanker tertentu, penyakit jantung, dan demensia

Sebagai contoh, sebuah penelitian besar yang melibatkan 38.180 pria dan 60.289 wanita menemukan bahwa diet tinggi flavonoid dikaitkan dengan risiko penyakit jantung fatal 18% lebih rendah.

 

2. DAPAT MEREDAKAN GEJALA PILEK

Eucalyptus banyak digunakan sebagai obat flu alami dan merupakan bahan umum dalam produk pilek dan batuk. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat mengurangi lendir dan memperluas bronkus dan bronkiolus paru-paru Anda. Ini juga merupakan agen anti-inflamasi alami.

Bahan utama yang bertanggung jawab atas sifat-sifat ini adalah eucalyptol, juga dikenal sebagai cineole, yang merupakan senyawa yang ditemukan dalam minyak kayu putih.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa eucalyptol meredakan gejala pilek seperti frekuensi batuk, hidung tersumbat, dan sakit kepala dengan mengurangi peradangan dan penumpukan lendir

Selanjutnya, eucalyptol dapat membantu memperbaiki gejala asma.Satu studi 12 minggu memberi 32 orang dengan asma bronkial 600 mg eucalyptol atau plasebo per hari.

Mereka yang berada dalam kelompok eucalyptol membutuhkan 36% lebih sedikit obat untuk mengendalikan gejala asma mereka, dibandingkan dengan mereka yang berada di kelompok kontrol, yang membutuhkan 7% lebih sedikit.

Minyak Eucalyptus dapat dihirup melalui hidung dan dapat meredakan gejala flu. Ini juga ditemukan di banyak dekongestan topikal. Namun, karena minyak dalam dosis kecil pun bisa menjadi racun, Anda harus menghindari mengonsumsinya.

 

3. DAPAT MERAWAT KULIT KERING

Menggunakan Eucalyptus  dapat memperbaiki kulit kering dengan meningkatkan kandungan ceramidenya. Ceramides adalah jenis asam lemak di kulit Anda yang bertanggung jawab untuk menjaga penghalang dan mempertahankan kelembabannya. Mereka yang mengalami kulit kering, ketombe, atau gangguan kulit seperti dermatitis dan psoriasis biasanya memiliki kadar ceramide yang lebih rendah.

Ekstrak daun eucalyptus topikal telah ditemukan untuk meningkatkan produksi ceramide kulit, kapasitas menahan air, dan perlindungan penghalang kulit. Ini mengandung senyawa yang disebut macrocarpal A, yang tampaknya merangsang produksi ceramide

Dalam sebuah penelitian pada 34 orang, menggunakan losion kulit kepala yang mengandung ekstrak daun kayu putih dan ceramide sintetis secara signifikan mengurangi kemerahan, gatal, kekeringan, dan kerak pada kulit kepala. Oleh karena itu, banyak produk rambut dan kulit yang mengandung ekstrak daun Eucalyptus.

 

4. DAPAT MENGURANGI RASA SAKIT

Menghirup minyak esensial Eucalyptus dapat mengurangi rasa sakit. Eucalyptus mengandung banyak senyawa anti-inflamasi, seperti cineole dan limonene, yang dapat bertindak sebagai pereda nyeri

Sebuah studi 3 hari pada 52 orang yang telah menjalani operasi penggantian lutut menemukan bahwa menghirup minyak kayu putih yang dilarutkan dalam minyak almond selama 30 menit setiap hari secara signifikan menurunkan tingkat rasa sakit dan tekanan darah, dibandingkan dengan menghirup minyak almond murni.

Namun, penelitian lain pada 123 orang dengan kanker tidak menemukan perbaikan dalam rasa sakit yang dirasakan setelah menghirup minyak kayu putih selama 3 menit sebelum prosedur medis, menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian.

 

5. DAPAT MENINGKATKAN RELAKSASI

Eucalyptus secara luas diyakini dapat mengurangi gejala stres. Dalam sebuah penelitian, 62 orang sehat mengalami penurunan kecemasan pra-operasi yang signifikan setelah menghirup minyak kayu putih.

Eucalyptus mengandung eucalyptol, yang telah ditemukan memiliki sifat anti-kecemasan. Selain itu, menghirup minyak Eucalyptus  selama 30 menit telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah pada pasien setelah operasi lutut, yang menunjukkan bahwa ia memiliki efek menenangkan.

Para peneliti percaya bahwa itu menurunkan aktivitas sistem saraf simpatik Anda — sistem respons stres Anda — dan meningkatkan aktivitas saraf parasimpatis Anda

 

6. DAPAT MEMBANTU MENJAGA KESEHATAN GIGI

Ekstrak daun Eucalyptus , yang dikenal sebagai eucalyptol, dapat meningkatkan kesehatan gigi. Daun Eucalyptus  mengandung jumlah tinggi etanol dan makrokarpal C — sejenis polifenol. Senyawa ini dikaitkan dengan tingkat bakteri yang lebih rendah yang dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi (15).

Sebuah penelitian pada 97 orang menemukan mereka yang mengunyah permen karet dengan ekstrak daun kayu putih 5 kali sehari selama minimal 5 menit mengalami penurunan yang signifikan dalam penumpukan plak, pendarahan gusi, dan peradangan gusi, sedangkan kelompok kontrol tidak mengalami perbaikan (15).

 

7. DAPAT BERTINDAK SEBAGAI PENGUSIR SERANGGA ALAMI

Minyak dari daun Eucalyptus adalah pengusir serangga alami, terutama karena kandungan Eucalyptusnya. Penelitian telah menunjukkan bahwa itu efektif untuk mengusir nyamuk dan serangga penggigit lainnya hingga delapan jam setelah aplikasi topikal.

Faktanya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencantumkan minyak lemon eucalyptus — yang berasal dari pohon lemon eucalyptus — sebagai penolak serangga yang disetujui dan kuat.

Selain itu, minyak Eucalyptus yang merupakan salah satu spesies eucalyptus dapat mengobati kutu rambut. Dalam satu penelitian acak, minyak ini dua kali lebih efektif dari pengobatan kutu kepala yang populer dalam menyembuhkan kutu kepala. Namun, tinjauan baru-baru ini menunjukkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian.(viva)

Sumber: