Yamaha_detail

KPU Optimis Sukseskan Pemilu 2024

KPU Optimis Sukseskan Pemilu 2024

PELUNCURAN. Komisioner KPU Indramayu berfoto bersama undangan pada peluncuran tahapan Pemilu 2024. KPU yakin bisa menyukseskan Pemilu 2024. Karena punya pengalaman cukup pada pesta demokrasi sebelumnya.--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Indramayu menyatakan siap menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024. 

Pernyataan itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Indramayu, Ahmad Toni Fatoni bersamaan dengan peluncuran tahapan Pemilu 2024 pada Selasa (14/6) malam di KPU Republik Indonesia.

Pihaknya yakin punya pengalaman cukup pada pesta demokrasi sebelumnya, dua tahun berturut-turut.

“Pada pemilu di masa pandemi Covid-19 tahun 2019 dan 2020 ada banyak pengalaman yang dapat menjadi bekal untuk penyelenggaraan Pemilu 2024,” kata Toni.

Terlebih lagi pada dua tahun lalu dalam penyelenggaraannya di Kabupaten Indramayu diklaim sukses tanpa ekses. 

Hal ini tidak terlepas dari strategi dan kesiapan seluruh petugas penyelenggara hingga pada tingkatan KPPS. 

“Kuncinya, itu kita kerja fokus, koordinasi, dan konsolidasi,” jelasnya.

Meski demikian tidak dipungkirinya, dalam penyelenggaraan dua pemilu tersebut ada banyak suka dan duka selama berlangsungnya tahapan. 

Sehingga pihaknya akan lebih bisa menyesuaikan diri dengan kondisi apapun dalam setiap tahapan Pemilu 2024.

Di dua pemilu sebelumnya, langkah dan strategi yang dilakukan meliputi persiapan protokol kesehatan yang mesti dilakukan maksimal guna mencegah terjadinya klaster pemilu. 

Kemudian, perekrutan petugas penyelenggara yang ketat, hingga antisipasi risiko kelelahan yang dialami para petugas penyelenggara. 

“Saat itu yang saya tekankan konsumsi untuk teman-teman penyelenggara harus terpenuhi, juga tepat waktu,” kata dia.

Pada Pemilu 2024, pihaknya sudah dan akan terus berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait di Kabupaten Indramayu. Seperti untuk keperluan penentuan daftar pemilih tetap (DPT). 

“Mudah-mudahan lancar, mohon doa dan dukungan untuk KPU Indramayu agar bisa melaksanakan pemilihan yang sukses dan tanpa ekses,” pinta Toni.

Sumber: