Yamaha_detail

Polisi Datangi Kampus, Ingatkan Jauh-Dekat Naik Motor Wajib Pakai Helm

Polisi Datangi Kampus, Ingatkan Jauh-Dekat Naik Motor Wajib Pakai Helm

EDUKASI. Satlantas Polres Cirebon Kota memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada ratusan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon di halaman Gedung Baru FITK IAIN Cirebon, Rabu (22/6). FOTO: SUWANDI/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Mahasiswa dan sepeda motor tak bisa dipisahkan. Mobilitas yang tinggi membuat motor jadi kendaraan paling efektif digunakan.

Baik untuk keperluan kegiatan di kampus maupun di luar kampus. Namun sayang, masih saja ditemui pelanggaran lalu lintas. Semisal lalai pakai helm saat bermotor.

Menyadari hal tersebut, Satlantas Polres Cirebon Kota memberikan edukasi keselamatan berkendara kepada ratusan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Kegiatan yang digelar Rabu (22/6) di pusat di halaman Gedung Baru FITK IAIN Cirebon.

Kanit Kamsel Satlantas Polres Cirebon Kota, Ipda Nuryoto memberikan langsung materi keselamatan berkendara. Dalam paparannya, Nuryoyo mengatakan, sosialisasi diberikan agar para mahasiswa ini tetap taat berkendara saat menuju kampus.

"Yang paling penting itu saat berkendara pakai helm. Lalu lengkapi surat- suratnya agar aman saat berkendara," kata Nuryoto.

Sosialisasi juga diberikan dengan harapan  para mahasiswa mengerti tentang berkendara yang baik, serta memahami peraturan lalu lintas.

Selain itu, sosialisasi diberikan agar setidaknya para mahasiswa bisa menambah pengetahuan agar lebih waspada saat berkendara di jalan raya, dengan tujuan untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Nuryoto juga mengatakan, banyak masyarakat berkendara tanpa melengkapi keselamatan berlalu lintas. Yang paling umum ialah tak memakai helm saat berkendara sepeda motor.

"Jadi jangan alasan hanya mau ke depan, atau misal mau ke By Pass dari sini, tapi tidak pakai helm. Jauh atau dekat, minimalnya helm harus dipakai," ungkapnya.

Sementara itu, terkait aturan razia lalu lintas, Nuryoto mengatakan, razia lalu lintas dilakukan untuk menertibkan pengendara agar tertib berlalu lintas. Pada kesempatan itu juga, anggota Satlantas Polres Cirebon Kota mensimulasikan pembuatan dan ujian SIM.

"Jadi tampilan depan setidaknya harus meyakinkan. Maksudnya, ya jika berkendara harus pakai helm, spion lengkap dan lainya. Pakai helm itu tidak mengurangi kecantikan dan kegantengan adik- adik mahasiswa," pungkasnya. (wan)

Sumber: