Manfaat Senam Yoga bagi Manula

Manfaat Senam Yoga bagi Manula

GERAKAN. Salah satu gerakan yoga yang baik untuk peregangan tubuh diperagakan instruktur yoga berpengalaman.--

RAKYATCIREBON.ID, KUNINGAN - Yoga menjadi salah satu olahraga yang mulai digemari, khususnya para anak muda. Walau didominasi usia produktif, bukan berarti manula tidak boleh mengikuti olahraga ini.

Justru, yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga yang baik untuk manula karena ada banyak manfaat kesehatan yang dapat mereka rasakan. Lalu, apa saja manfaat yoga bagi manula?

Manula memang tidak mempunyai ketahanan fisik sekuat dulu. Sehingga kerap menjadi halangan untuk berolahraga. Padahal, olahraga tidak mengenal batas usia. Jika faktor keamanan menjadi kendala, maka manula bisa mempertimbangkan olahraga yoga.

BACA JUGA:Hendak Bikin Musalah, Warga Temukan Makam Pendiri Desa Sarwadadi

Selain aman dan minim cedera, olahraga satu ini juga menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Yoga merupakan jenis olahraga yang menggabungkan antara latihan fisik dan meditasi.

Menurut Instruktur First Yoga Studio, Christian, pada olahraga yoga, fisik akan dibuat tertantang dengan peregangan, keseimbangan, dan kelenturan, tanpa membuat tubuh merasa lelah.

"Sementara, pikiran akan dibuat fokus pada latihan pernapasan. Berkat penggabungan kedua olahraga tadi, membuat yoga sangat baik untuk dilakukan oleh para lansia," katanya pada perayaan International Yoga Day yang digelar di Grage Resort Sangkan, Kuningan, Minggu (26/6).

BACA JUGA:Istimewa, Uji Kompetensi K3 Umum di STTC Dibuka Langsung Ketua BNSP

Christ melanjutkan, manula yang rutin melakukan yoga akan merasakan tubuhnya terasa lebih bugar. "Ini karena gerakan-gerakan dalam yoga dirancang khusus untuk melatih tubuh sehingga tubuh jadi terasa lebih bugar setelah melakukannya," kata dia.

Christ melanjutkan, selain meningkatkan kebugaran tubuh, manula yang melakukan yoga juga akan memperoleh manfaat lain, salah satunya mengurangi stres dan kecemasan. Usia yang sudah tidak lagi muda kerap membuat manula lebih rentan untuk mengalami kedua kondisi tadi.

Dengan yoga, pikiran bisa menjadi lebih rileks, suasana hati pun akan jadi lebih baik pula. Dengan demikian, stres dan kecemasan bisa dicegah sehingga tidak semakin berlanjut menjadi gangguan mental yang lebih serius lagi.

BACA JUGA:Megawati Terus Pantau Kondisi Kesehatan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, Masih Dirawat Intensif

Yoga untuk manula juga menyimpan manfaat yang tidak terduga, yaitu mampu meningkatkan rasa percaya diri. Ini karena ada sejumlah gerakan yoga yang berguna untuk memperbaiki postur tubuh. Seperti yang diketahui, kesehatan tulang umumnya akan menurun seiring bertambahnya usia.

Imbasnya, postur tubuh lansia mungkin lambat laun akan mengalami perubahan. Dengan rutin yoga, postur tubuh manula yang buruk dapat diperbaiki, sehingga dapat memupuk kembali rasa percaya diri para lansia.

Sumber: