Peringati Hari Koperasi ke-75, Diskuk Jabar Lakukan Kolaborasi Untuk Peningkatan Kualitas Koperasi

Peringati Hari Koperasi ke-75, Diskuk Jabar Lakukan Kolaborasi Untuk Peningkatan Kualitas Koperasi

--

"Kemekop dan UKM RI mendukung agenda penguatan ekonomi khususnya oleh KUKM. Koperasi sebagai aggregator dan akselerator usaha UMKM anggota, terus dimodernisasi," katanya di Ikopin University.

Menurutnya,  program Akselerator Koperasi modern diproyeksikan untuk memilik 150 koperasi di berbagai sektor dengan dukungan berupa fasilitasi tenaga pendampingg, akses pembiayaan dari LPDB KUMKM dan Bank Himbara, kemitraan, offtaker/supplier serta teknologi dan inovasi yang relevan.

Tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan” merupakan pengejahwantahan dari upaya koperasi bertransformasi dari citra model lama dan konvensional menjadi model baru dan professional. 

"Perjalanan pembangunan koperasi diupayakan secara berkesinambungan agar koperasi tumbuh sejajaran dengan badan usaha lainnya, memiliki sensitifitas tinggi dalam pengembangan usaha dan diminati generasi muda" katanya.

Lanjut Teten, pemerintah terus menggelorakan Gerakan koperasi “Ayo Berkoperasi” dengan tujuan meningkatkan literasi perkoperasian dan genarasi muda tertarik untuk berkoperasi. 

"Sebagai agen pembangunan, genarasi muda harus dibekali dengan pengalaman berusaha serta pembangunan karakter yang berbasis nilai gotong royong dan usaha bersama,"katanya.

Lanjutnya, dukungan regulasi menjadi satu Langkah penting agar koperasi terus diminati serta menciptakan ekosistem bisnis yang dinamis, adaptif dan akomodatif bagi kepentingan anggota dan masyarakat. 

Sehingga kata Teten, koperasi dapat lebih lincah dan dinamis dalam menangkap berbagai peluang usaha serta mendapat kepercayaan publik. (*)

Sumber: