Bupati Dukung Pemanfaatan Digitalisasi Pendidikan

Bupati Dukung Pemanfaatan Digitalisasi Pendidikan

GOOGLE EDUCATION. Bupati H Acep Purnama membuka kegiatan sertifikasi Google Education Level 1 dan pelatihan teknisi ChromeBook di Gedung Olah Raga H Tjetje Priatna SMK Pertiwi Kuningan, Selasa (26/7).--

RAKYATCIREBON.IDKUNINGAN- Bupati H Acep Purnama membuka kegiatan sertifikasi Google Education Level 1 dan pelatihan teknisi ChromeBook di Gedung Olah Raga H Tjetje Priatna SMK Pertiwi Kuningan, Selasa (26/7). Kegiatan resmi dibuka dengan pemukulan gong disaksikan para tamu yang hadir. Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Cabang Dinas Wil X Disdik Jabar, H Ambar Triwidodo, Mitras Du/Di Kementerian Pendidikan, Yudil Chatim SKM MEd, Sales Manager Google for Education Indonesia Tiffany Santosa, Direktur Axioo Education Program Timmotius Theopelus dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Acep menerangkan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini merupakan anugerah yang patut disyukuri. Sebab, dengan begitu telah membuka cakrawala baru keilmuan dalam berbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan. Dalam pendidikan, teknologi digital menjadi alat untuk mempermudah proses belajar mengajar antar guru dan murid.

Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang membuat proses pendidikan semakin mudah. Dengan inovasi tersebut, pengajar dapat menciptakan banyak ide dan gagasan secara luas dalam mengajar dan tidak perlu aturan baku yang terlalu monoton dan kaku. Kemudian siswa juga menjadi bersemangat dalam belajar, karena guru bisa lebih interaktif, menarik dan inovatif.

Menurut bupati, pemanfaatan teknologi informasi melalui sertifikasi Google Educator ini diharapkan dapat meningkatkan eksistensi lembaga pendidikan. Terutama untuk mengoptimalisasikan peran dan fungsi guru sebagai tenaga pendidik yang berkualitas secara intelektual, kecerdasan, keterampilan, kompetitif, berwawasan teknologi yang mumpuni. “Sehingga dapat berkontribusi terhadap pembangunan bangsa dalam rangka menyelenggarakan pendidikan yang kompeten dan bermutu dalam tujuan kita untuk mencerdaskan kehidupan bangsa” tutur Bupati Acep.

Sertifikasi ini, lanjut dia, adalah ikhtiar bersama dalam menghadirkan tenaga pendidik yang kompeten dan memiliki sumber daya manusia yang unggul. “Mengejar ketertinggalan kita perihal bidang pendidikan dengan negara-negara maju yang telah memiliki teknologi mutakhir lebih baik dibanding dengan kita,” sebut Acep.

Mengenai pelatihan teknisi Chromebook ini juga adalah langkah dalam menghadirkan kualitas pendidikan bermutu dengan metoda digital yang sangat bermanfaat untuk pembelajaran di sekolah. Membuat yang kaku menjadi lebih luwes, yang tidak menarik menjadi menarik, dan yang sulit menjadi lebih mudah. Langkah-langkah ini adalah partisipasi bagi dalam mewujudkan sistem pembelajaran yang menyenangkan, sesuai kurikulum merdeka belajar yang saat ini dicetuskan oleh pemerintah.

Sedangkan Kepala SMK Pertiwi Kuningan, Dea Ariana Vamitrianto SE MSi mengapresiasi terhadap dunia industri yang selalu mendukung SMK di seluruh Indonesia, khususnya SMK Pertiwi Kuningan. Pihaknya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Acep yang selalu mendukung SMK Pertiwi Kuningan dan dunia pendidikan di Kabupaten Kuningan.

Dea menambahkan, SMK Pertiwi Kuningan bekerja sama dengan Axioo Education menggandeng Google for Education Program mengadakan kegiatan Sertifikasi Google Education Level 1 dan pelatihan teknisi ChromeBook. “Sebanyak 100 SMK dari seluruh wilayah Indonesia mengikuti Sertifikasi Google For Education,” imbuh Dea.

Sales Manager Google for Education Indonesia Tiffany Santosa menjelaskan, Sertifikasi Google Education Level 1 adalah untuk meningkatkan skill kualitas pendidikan dengan berbagai alat Google Workspace for Education yang simpel, fleksibel dan aman. Para peserta diharapkan memahami Google Suite for Education serta memiliki keterampilan mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang terdapat didalamnya untuk meningkatkan pembelajaran di kelas. (bud)

 

Sumber: