Angkat Potensi Desa Lewat Digital

Angkat Potensi Desa Lewat Digital

KOLABORASI. Patriot Desa Kabupaten Indramayu mengajak semua pihak ikut berperan mengangkat potensi desa melalui berbagai platform media. Digitalisasi desa sejalan dengan program Lebu Digital (Le-Dig).--

RAKYATCIREBON.ID, INDRAMAYU–Patriot Desa Kabupaten Indramayu mengadakan kegiatan Indramayu Growth Pole Strategic (IGPS) bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Cantigi. 

Kegiatan melalui Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) ibi mengangkat tema “Inisiatif Kolaborasi untuk Mengangkat Potensi Desa”.

Ketua Panitia Penyelenggara IGS, Ryan Rudiana mengatakan, tujuan IGPS agar publikasi kegiatan desa dan semua potensi desa dapat muncul melalui kanal kanal digital oleh KIM. 

Selain itu, kata dia, pemanfaatan media digital oleh desa sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi dan digitalisasi desa sejalan dengan program bupati Indramayu, yaitu Lebu Digital (Le-Dig).

“Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para Patriot Desa dan juga Kelompok Informasi Masyarakat dapat mempromosikan dan menginformasikan potensi desa masing-masing melalui tulisan. Hasil tulisan ini nantinya dapat dipublikasi melalui berbagai kanal yang tersedia,” kata Ryan Rudiana, kemarin.

Menurutnya, pada Millenial Indramayu Berdaya Eps 3 ini, Patriot Desa Indramayu dengan semangat kolaborasi Pentahelix skema ABCGM mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi dan belajar bersama. 

Yaitu, dalam mengembangkan potensi UMKM, potensi pariwisata, dan merangkainya menjadi berita baik dengan mengedepankan etika dan kaidah jurnalistik.

“Mengangkat potensi desa bukan hanya tugas dari sebagian pihak saja. Melainkan semua pihak dapat berkolaborasi dalam mengangkat potensi desa melalui berbagai platform media yang tersedia,” ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana yang diwakili Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Agus Muttaqien menyampaikan, pemanfaatan media digital dinilai penting sebagai sarana untuk menyampaikan informasi. 

“Informasi pembangunan apalagi potensi desa harus dapat disebarluaskan secara massif kepada masyarakat,” kata dia.

Ia menegaskan, Diskominfo Indramayu siap membantu penyebarluasan informasi ini melalui kanal yang dimiliki Diskominfo Indramayu seperti website dan media sosial. 

Selain itu, kata dia, Diskominfo Indramayu juga mengirimkan berita ke infopublik.id yang merupakan kanal narasi tunggalnya Kementerian Kominfo RI.

Kegiatan itu juga dihadiri Camat Cantigi, Winaryo, Ketua PWI Indramayu Dedy Musashi, CMO PT Inti Smart Solution, Sam Nugraha, Marketing PT Inti Smart Solution Arie Iyarie, Staf Senior Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Indramayu, Hilmi Hilmansyah, dan Ketua UMKM MiIlenial Indramayu, Fayyaz Mumtaz. (tar)

Sumber: