Ingin Buktikan Minum Air dari Sungai Suci, Pejabat di India Malah Masuk Rumah Sakit

Ingin Buktikan Minum Air dari Sungai Suci, Pejabat di India Malah Masuk Rumah Sakit

Kepala negara bagian Punjab India, Bhagwant Mann saat meminum air dari Sungai Bein.--

RAKYATCIREBON.ID, SEBUAH komunitas memiliki kepercayaan terkait tempat suci, barang-barang, atau hal lainnya. Komunitas Sikh di India, misalnya, memiliki kepercayaan seperti itu.

Sungai Bein, sebuah sungai di Punjab India, dianggap suci dan kudus oleh komunitas Sikh.

Sungai Bein diyakini bahwa pendiri ajaran Sikh (Sikhisme), Guru Nanak, mandi di dalamnya dan memperoleh pencerahan.

Pada 17 Juli, kepala negara bagian Punjab Bhagwant Mann meminum air dari Sungai Bein yang disucikan kaum Sikh itu dan dikatakan "dia diberkati karena mendapat kesempatan ini."

Namun sayangnya, Kepala negara bagian Punjab Bhagwant Mann dikabarkan malah "diterbangkan dan dirawat di rumah sakit di Delhi" setelah minum dari Kali Bein di kota Sultanpur Lodhi di negara bagian Punjab, India.

Insiden itu terjadi setelah Mann diundang pada 17 Juli oleh aktivis lingkungan dan anggota parlemen Baba Balbir Singh Seechewal.

Baba Balbir Singh Seechewal tengah meluncurkan kampanye di seluruh negara bagian untuk membersihkan sungai, untuk berpartisipasi dalam peringatan 22 tahun pembersihan Sungai Bein.

Setelah kunjungan itu, video Mann minum air dari Sungai Bein dibagikan oleh Partai Aam Aadmi (AAP) Punjab-nya dan beredar luas ketika laporan media menyatakan Mann telah dirawat di rumah sakit dengan keluhan sakit perut.

Namun, pejabat negara membantah laporan penyakitnya dan mengatakan itu adalah pemeriksaan rutin.

Pada tahun 2000, Seechewal memimpin kampanye untuk membersihkan Kali Bein, yang pada saat itu tidak diolah dan limbah industri dibuang secara terbuka ke sungai, yang juga menyebabkan tumbuhnya rerumputan dan rumput liar di permukaan air.

Namun kampanye membersihkan sungai dinilai cukup berhasil dan proyek tersebut menjadi panutan untuk membersihkan sungai seperti Sungai Gangga dan Yamuna.(klika/rakcer)

Sumber: