Perhatikan Nih…, Guru Inspiratif Harus Punya 7 Kemampuan Seperti Ini

Perhatikan Nih…, Guru Inspiratif Harus Punya 7 Kemampuan Seperti Ini

--

RAKYATCIREBON.ID, GURU punya peran yang sangat penting di dalam dunia pendidikan. Seorang guru bukan hanya dituntut mempunyai kemampuan untuk mentransformasikan pengetahuan, pengalaman, serta memberi teladan. Lantas, bagaimana kunci menjadi guru yang inspiratif bagi anak didik selama proses kegiatan belajar mengajar tersebut?

Guru inspiratif sendiri merupakan sosok guru yang terbuka dan juga membuka wawasan untuk muridnya maupun dirinya sendiri. Membuka wawasan untuk dirinya sendiri yaitu guru yang terbuka dengan berbagai pemikiran baru serta cara-cara di dalam mensukseskan tugasnya di dalam mengajar.

Supaya peserta didiknya termotivasi dalam kegiatan pembelajaran serta dengan apa yang menjadi target murid pada semasa sekolah. Menurut buku 'Aplikasi Ilmu Psikologi Positif' sosok guru inspiratif merupakan guru yang bisa merangsang mental terhadap anak didiknya, dengan harapannya akan mengembangkan emosi positif mereka.

Guru yang punya kemampuan untuk menginspirasi peserta didiknya merupakan salah satu tipe guru yang bakal senantiasa diingat oleh muridnya. Para guru bisa melakukan hal ini supaya bisa menjadi tenaga pengajar yang menginspirasi.

 

1. Memperhatikan Minat Murid

Sebagai seorang tenaga pengajar, tentunya Anda ingin melihat siswa-siswa Anda bersemangat di dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu, kunci menjadi guru yang inspiratif pertama yaitu seorang tenaga pendidik harus memperhatikan minat dari siswanya. Tujuannya adalah supaya murid tersebut merasa bahwa guru memperhatikan hal apa yang menjadi kesenangan sang murid.

 

2. Mendengarkan Murid

Masing-masing murid tentunya ingin guru mendengarkannya pada saat kegiatan belajar mengajar. Baik ketika siswa tersebut bertanya atau pada saat murid memberikan pendapatnya. Nah, dengan seorang guru mendengarkan sang murid, maka hal tersebut bisa membawa dampak positif terhadap anak didik serta siswa akan merasa guru di sekolah menghargai mereka.

 

3. Mampu Menciptakan Suasana Belajar di Kelas yang Menyenangkan

Para siswa tentunya lebih gampang merasa jenuh atau bosan apabila suasana di kelas terlalu monoton atau serius. Sebagai sosok guru inspiratif, maka Anda wajib menciptakan suasana belajar di kelas supaya menyenangkan.

Hal tersebut bisa guru lakukan dengan cara mengadakan sebuah games dengan materi pelajaran di sekolah, mengadakan kuis di sela-sela pelajaran, dan sebagainya. Dengan begitu, siswa akan merasa senang dalam belajar dengan guru serta bakal lebih bersemangat untuk belajar.

 

4. Menghargai Usaha yang Sudah Dilakukan Siswa

Masih banyak siswa yang merasa kesulitan di dalam mengerjakan pekerjaan sekolahnya. Oleh sebab itu, kunci menjadi guru yang inspiratif selanjutnya yaitu bisa menghargai setiap usaha yang dilakukan oleh sang murid dan mengapresiasi setiap progres yang ada pada anak didiknya.

 

5. Punya Perilaku yang Positif

Energi positif dari seorang guru merupakan perkara penting ketika proses pembelajaran di kelas. Sebab, dengan sang guru mampu membawakan energi energi positif, maka suasana di kelas serta anak didik pun bakal menyerap energi positif tersebut. Sehingga mereka akan bertindak secara positif juga..

 

6. Ciptakan Kehangatan & Empati Tulus Terhadap Seluruh Siswa di Kelas

Sosok guru inspiratif mampu menciptakan kehangatan dan empati, seperti memahami dan mengenali berbagai rasa dari semua murid di kelas. Dengan memposisikan diri sebagai siswa, akan tercipta rasa ketulusan yang ada dari seorang guru. Hal tersebut bisa memberi dampak positif baik untuk siswa maupun guru.

 

7. Terapkan Instruksi yang Jelas dan Sampaikan Pertanyaan Umpan Balik

Dalam kegiatan belajar mengajar, harus terdapat instruksi yang jelas dari sang guru. Baik dalam hal pembagian tugas serta di dalam menyampaikan materi. Hal itu akan berdampak terhadap murid. Sebab, dengan adanya instruksi yang baik dan jelas, siswa akan lebih mudah mengerti serta memahami apa yang guru sampaikan.

 

Guna menciptakan suasana belajar di kelas menjadi menyenangkan, kunci menjadi guru yang inspiratif selanjutnya yaitu tenaga pengajar harus mempersiapkan pertanyaan umpan balik. Tujuannya yaitu supaya siswa bisa menjadi terampil dan juga membuat suasana belajar jadi lebih interaktif serta memperluas pelajaran di dalam kelas.(sd.net/rakcer)

Sumber: