Tiket Murah, Bisa Menikmati Panorama Indah dari Ketinggian

Tiket Murah, Bisa Menikmati Panorama Indah dari Ketinggian

TIKET MURAH. Suasana sejuk dan nyaman di Buper Hulu Dayeuh Desa Trijaya Kecamatan Mandirancan.--

Tiket cuma Rp10.000 perorang, Bumi Perkemahan Hulu Dayeuh menjadi magnet baru wisata alam di Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Trijaya, Kecamatan Mandirancan.

RAKYATCIREBON.ID, DENGAN tarif terjangkau, pengunjung dapat menikmati suasana sejuk, di bawah aneka pepohonan. Termasuk pinus yang menjulang tinggi. Selanjutnya, menikmati  panorama dari ketinggian, karena tempat ini berada di kaki Gunung Ciremai.

Rumput hijau, jalan yang nyaman, dan beragam tempat swafoto, tersebar hingga lokasi perkemahan di sebelah utara.

Eddy Syukur, pimpinan Koperasi Hulu Dayeuh, sekaligus pengelola tempat wisata, berkisah perjalanan berdirinya Buper yang disingkatnya dengan sebutan 'Hulday' dirintis sejak tahun 2011 silam.

"Awal rintisan 2011, kemudian tahun 2014 mulai dibuka dengan tiket waktu itu Rp2.000. Terus berjalan (diperkuas dan bertambah fasilitas) hingga sekarang bertiket 10.000," ungkapnya, kemarin.

Pada awal perintisan, buper ini dikelola oleh Karang Taruna Desa Trijaya yang tergabung dalam Kompepar. Eddy merupakan mantan Kepala Desa Trijaya  periode 2013 hingga 2019.

"Usulan dibentuk Koperasi Konsumen Hulu Dayeuh, dimulai tahun 2018. Badan hukum ini terwujud di tahun 2021. Warga Kompepar menjadi anggota koperasi. Tetap berkonsep alam, ada spot foto, ada jembatan, tempat duduk diperbanyak, beserta fasilitas umum," jelasnya.

Eddy berharap lokasi ini menjadi pilihan tepat bagi siswa sekolah, komunitas, maupun organisasi. Koperasi Konsumen Hulu Dayeuh akan terus berkembang ke unit usaha lainnya di luar obyek wisata.

Kini, Eddy mengkaji potensi kopi di Desa Trijaya. Kopi jenis robusta maupun arabica yang subur di tanah petani kopi  warga desa. 

"Banyak petani kopi di sini. Pertahun bisa menghasilkan 10 sampai 15 ton. Sementara ini kopi dijual karena kebutuhan. Insyaallah ke depan, rencana ingin mengembangkan industri kopi Khas Trijaya. Mulai membuat kedai kopi, hingga kopi hasil olahan yang sudah dikemas. Rencana mereknya kopi Hulday," terang Eddy. (*)

Sumber: