Desa Beringin, Kecamatan Pangenan Diusulkan Jadi Buper

Desa Beringin, Kecamatan Pangenan Diusulkan Jadi Buper

KEMAH. Bupati Cirebon yang juga Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Cirebon, Drs H Imron MAg menghadiri pembukaan Ita Jamnas Kwarcam Pangenan, Kabupaten Cirebon. FOTO: HERMAWAN/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON - Lapangan Bola Desa Beringin, Kecamatan Pangenan, Kabupaten Cirebon yang digunakan sebagai lokasi pelaksanaan Ikut Serta Jambore Nasional (Itajamnas) Gerakan Pramuka Kwartir Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon, diusulkan menjadi bumi perkemahan (buper). Mengingat lokasi, situasi, dan suasananya yang sangat cocok.

Salah seorang pembina pramuka SDN 1 Japura Lor, Uswatun Hasanah, di hadapan Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg menyampaikan, lapangan bola Desa Beringin dengan lokasi geografis pedalaman dan banyak tumbuh pohon besar, layak dijadikan bumi perkemahan (Buper) untuk setiap kegiatan kemah gerakan pramuka di Kwarcab Kabupaten Cirebon.

"Kalau melihat lokasi, situasi dan dukungan lingkungan, kami berharap wilayah ini bisa ditetapkan sebagai Buper," ungkapnya.

Atas dasar itu menurutnya, Pemkab Cirebon selaku pemangku kebijakan diharapkan bisa memberikan sentuhan agar lokasi tersebut bisa menjadi buper yang dapat menjadi daya tarik anggota pramuka ataupun masyarakat. Untuk berkemah di lokasi tersebut. Dengan memfasilitasi toilet dan fasilitas penunjang lainnya di sekitar Buper Kiara Payung Jatinangor.

Karena menurutnya, untuk pelaksanaan Ita Jamnas saat ini yang digelar, para peserta diarahkan oleh panitia untuk sarana dan prasarana mandi dan toilet ke rumah-rumah warga.

"Kami berterima kasih atas kepedulian masyarakat di sekitar pelaksanaan Ita Jamnas ini yang sukarela menyediakan toilet dan kamar mandi bagi peserta," ucapnya.

Sementara Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg menyampaikan permohonan tersebut memang sah saja. Apalagi jika ingin lapangan bola Desa Beringin ini dijadikan sebagai buper seperti Buper Kiara Payung Jatinangor Bandung.

Namun, kembali kepada aturan bahwa lapangan bola tersebut merupakan aset milik siapa. Jika memang milik desa, mau tidak diserahkan kepada pemda, tinggal bagaimana pemdes dan masyarakat Desa Beringin menggelar musdes untuk hal itu.

"Kabupaten Cirebon saat ini sudah memiliki Buper di daerah Dukupuntang," terangnya.

Terkait gelaran pelaksanaan Ita Jamnas, Imron yang juga ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Cirebon menyampaikan terima kasih dan bangga atas terselanggaranya pelaksanaan Ita Jamnas yang sempat terhenti selama dua tahun, karena pandemi Covid-19.

“Gerakan pramuka selalu ada, karya dan sumbangsihnya di tengah masyarakat untuk kepentingan bangsa dan negara. Ita Jamnas merupakan bentuk pengkaderan karakter kepada anggota pramuka. Dengan pendidikan dan pengkaderan, diharapkan gerakan pramuka semakin maju untuk dijadikan contoh dalam membangun karakteristik komunitas lainnya di Kabupaten Cirebon," pungkasnya. (her)

Sumber: