Bentuk Karakter Mahasiswa, 300 Maba STIKes Mahardika Ikuti PKKMB

Bentuk Karakter Mahasiswa, 300 Maba STIKes Mahardika Ikuti PKKMB

SIMBOLIS. Ketua STIKes Mahardika, Dr Hj Yani Kamasturyani, SKM MH Kes mengenakan jas almamater secara simbolis kepada mahasiswa baru dalam pembukaan PKKMB. FOTO: ASEP SAEPUL MIELAH/RAKYAT CIREBON--

RAKYATCIREBON.ID, CIREBON – Sebanyak 300 mahasiswa baru untuk Tahun Akademik 2022-2023 di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mahardika mulai mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

PKKMB sendiri akan digelar selama tiga hari. Kegiatan PKKMB dibuka langsung Ketua STIKes Mahardika, Dr Hj Yani Kamasturyani SKM MHKes. Untuk tahun akademik 2022-2023 ini, PKKMB di STIKes Mahardika dilaksanakan dengan mengangkat tema "PKKMB Guna Terciptanya Pribadi yang Unggul, Santun dan Berbudi Luhur".

Ketua Panitia PKKMB STIKes Mahardika, Angga Gumilar Rasmita SH menyampaikan, PKKMB sudah menjadi sebuah agenda yang lumrah bagi para mahasiswa baru. PKKMB dilaksanakan untuk memperkenalkan lingkungan kampus kepada para mahasiswa baru, karena sistem pembelajaran di kampus sangat berbeda dengan tingkat SMA yang baru saja mereka tinggalkan.

"PKKMB ini juga dilakukan untuk menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara, serta kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat," ungkap Angga.

Yang menjadi hal utama, pada PKKMB ini, dijelaskan Angga, para mahasiswa baru dikenalkan dengan sistem pembelajaran dan kehidupan civitas akademika di lingkungan kampus, dengan menanamkan nilai-nilai dasar pendidikan, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kita perkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa, sebagai insan pradewasa, bagi diri dan lingkungan sekitar," ujar Angga.

Melalui PKKMB ini, pihak kampus memberikan ucapan selamat datang dan selamat bergabung kepada 300 mahasiswa baru yang beberapa tahun ke depan akan menjalani proses perkuliahan di STIKes Mahardika.

"Kami mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru di STIKes Mahardika, 300 lebih mahasiswa baru terbagi dari berbagai jurusan yang ada di STIKes Mahardika, mudah-mudahan PKKMB ini membentuk karakter-karakter yang unggul bagi mahasiswa sesuai dengan tujuannya," kata Angga.

Sementara itu, Ketua STIKes Mahardika, Dr Hj Yani Kamasturyani SKM MHKes menambahkan, PKKMB ini dilakukan secara rutin dan wajib. Dalam rangka menyambut para mahasiswa baru, dimana mereka diperkenalkan kepada semua hal yang ada di lingkungan kampus.

"Ini tentu saja bertujuan untuk mengenalkan kampus, pengenalan lingkungan kampus bagi siswa yang sudah lulus dari jenjang SLTA. Bagaimana sih untuk menjadi seorang mahasiswa? Semua dikenalkan di sini," ungkapnya.

Selain itu, PKKMB juga menjadi ajang untuk membentuk karakter mahasiswa, karena itu akan sangat penting, dimana dewasa ini karakter yang kuat akan menjadi modal bagi para mahasiswa dalam menghadapi semua kemajuan, terlebih kemajuan teknologi.

"Bagaimana membentuk karakter ini sangat penting dilakukan, karena kehidupan sekarang ini sudah semakin sangat tidak baik sehingga tanpa karakter yang baik kalian tidak akan menjadi apa apa. Kita akan mengenalkan bagaimana karakter kebangsaan, bagaimana kehidupan di kampus, bagaimana menjadi seseorang mahasiswa, mahasiswa sekarang sudah berbeda dengan siswa dulu," pungkasnya. (sep)

Sumber: